Liga Indonesia

Profil 2 Pemain Asing PSCS Cilacap, Ada Top Skor Liga Laos dan Bek Uzbekistan

Selasa, 5 September 2023 17:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT/Prabowo
PSCS Cilacap melakukan selebrasi menang atas PSG Pati dengan skor 2-1 Copyright: © INDOSPORT/Prabowo
PSCS Cilacap melakukan selebrasi menang atas PSG Pati dengan skor 2-1

FOOTBALL265.COM - Klub Liga 2 2023/24, PSCS Cilacap, telah melengkapi kuota pemain asing. Ada dua nama yang didatangkan di posisi bek tengah dan penyerang.

Bek asing yang direkrut PSCS adalah Temur Masharipov, asal Uzbekistan. Dia mengisi kouta pemain Asia dan telah diperkenalkan sejak 21 Agustus lalu.

Tenur Masharipov berusia 27 tahun. Dia tercatat sebagai pemain di klub FK Kuktosh di Liga 1 Tajikistan pada awal tahun ini.

Di 2022, Temur Masharipov membela klub Liga 2 Uzbekistan, Xorazm Urganch.Dia sempat juga membela Aral Samali yang juga dari negaranya.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, pemain berpostur 1,9 meter itu telah memainkan 55 pertandingan di Liga Uzbekistan. 

Kehadiran Temur Masharipov tentunya diharapkan dapat lebih memperkuat lini pertahanan yang dinilai masih belum maksimal. 

“Dari evaluasi hingga saat ini, kita memang membutuhkan pemain yang kuat di pos center back juga striker,” ucap pelatih PSCS, Charis Yulianto.

Sementara itu, striker asing PSCS adalah Rafael Rodrigues atau disapa Raffinha. Dia berusia 31 tahun dan sudah akrab dengan sepak bola Asia Tenggara karena sebelumnya bermain di Liga Laos serta Thailand. 

Pemain asal Brasil itu awali karir bersama CFZ dan sempat dipinjamkan ke America FC U-20 pada 2010 lalu. Raffinha lalu pindah ke Duque de Caxias (2012), Tigres (2014), Mogi Morim (2015) dan Mesquita-RJ (2017). 

Pada 2019, Raffinha memutuskan merantau ke Asia Tenggara dan membela Lao Toyota. Dia membantu klub meraih gelar juara Lao Cup.

Tahun berikutnya, Raffinha pindah ke Liga 3 Thailand dan membela Phitsanulok Unity FC. Tak bertahan lama, ia lalu kembali ke Laos dan mengenakan jersey FC Chanthabouly pada 2021.

Pada 2022, pemain berpostur 170 cm itu menyebrang ke sesama klub Laos, Master 7. Enam bulan berselang, Raffinha kembali lagi ke Liga 3 Thailand dan bermain untuk Muang Loei United.

Raffinha sepertinya berjodoh dengan Laos. April 2023, dia kembali membela Master 7. Bahkan, ia menikahi wanita Laos dan telah dikaruniai seorang anak laki-laki.

Raffinha pernah menjadi top skor Liga Laos pada musim 2022/23. Dia mencatatkan 18 gol dan berhak atas trofi pencetak gol terbanyak.

Raffinha langsung membuktikan diri sebagai predator lini depan usai didatangkan PSCS. Pemain asal Brasil itu mencetak satu gol dalam kemenangan 2-1 melawan PSPS Riau di Stadion UNY, Jumat (25/8/23).

Raffinha tak sabar segera menjalani debut di kompetisi resmi Liga 2 yang bakal berlangsung mulai 10 September mendatang.

"Saya berharap yang terbaik untuk PSCS Cilacap dan ingin membantu tim ini meraih prestasi di kompetisi nanti," tegasnya.