Liga 1

Bobotoh Salah Satu Alasan Borussia Dortmund Gelar Laga Persahabatan vs Persib Bandung

Rabu, 6 September 2023 07:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Arif Rahman/INDOSPORT
Borussia Dortmund beberkan alasan memilih Persib Bandung, untuk menggelar partai persahabatan yang akan berlangsung di Stadion Siliwangi, Minggu (10/09/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Borussia Dortmund beberkan alasan memilih Persib Bandung, untuk menggelar partai persahabatan yang akan berlangsung di Stadion Siliwangi, Minggu (10/09/23).

FOOTBALL265.COM -  Borussia Dortmund beberkan alasan memilih Persib Bandung, untuk menggelar partai persahabatan yang akan berlangsung di Stadion Siliwangi, Minggu (10/09/23).

Pada pertandingan persahabatan tersebut, Borussia Dortmund Legend akan menghadapi Persib All Stars yang diperkuat oleh pemain yang menyumbang trofi juara Liga 1 seperti I Made Wirawan, Yudi Guntara, Tantan dan yang sederet nama lainnya.

Sedangkan Borussia Dortmund Legends, mereka rencananya akan diperkuat oleh beberapa pemain yang memiliki nama besar di antaranya Marcel Schmelzer, Kevin Groskreutz.

Kemudian Roman Weidenfeller, Patrick Owomoyela, David Odonkor, Jan Koller, Mladen Petric, Mo Zidan, Dede, Joerg Heinrich, Ibrahim Tanko dan Paul Lambert.

Borussia Dortmund Director of Internasionalisation and Commercial Partnership, Benedikt Scholz, mengaku senang bisa kembali ke Indonesia. Menurutnya, Persib merupakan salah satu klub besar yang ada di Indonesia.

Selain itu, dia juga menilai Skuad Maung Bandung memiliki suporter yang loyal, sehingga Persib menjadi klub yang pas untuk bekerjasama dalam kegiatan ini.

Sebagai informasi, sebelumnya Borussia Dortmund akan mengirimkan skuad utamanya ke Indonesia pada November 2022 dan menggelar Trofeo, namun gagal terlaksana.

Meski begitu, BVB tetap berkomitmen untuk bisa datang ke Indonesia, hal itu berdasar hubungan yang sudah terjalin baik antara dua federasi sepakbola, PSSI dan Bundesliga.
 
"Komitmen kami tetap sama, tidak hanya komitmen di antara dua klub tapi juga melibatkan dua federasi antara PSSI dan Bundesliga," kata Scholz, Selasa (05/09/23).

"Saya pikir, klub yang paling pas untuk bisa bekerja sama dengan Borussia Dortmund adalah Persib karena punya jumlah supporter yang besar dan merupakan tim bersejarah," ucapnya menambahkan.

Selain itu, Scholz mengucapkan terima kasih kepada manajemen Persib yang sudah mengundang Borussia Dortmund. Menurutnya, suporter yang ada di Indonesia sangat antusias untuk menunggu kehadiran Borussia Dortmund.

"Terima kasih kepada Teddy (Tjahjono) dan Persib atas undangannya kepada kami untuk bisa datang ke Indonesia. Kami sangat senang, rencana itu akan segera terjadi. Kami lihat, begitu banyak antusias baik itu di media maupun di antara para supporter kami yang ada di Indonesia," ungkapnya.

"Saya sangat berharap, kita bisa bertemu secara personal dan bersama-sama dengan kita untuk hadir di pertandingan pada 10 September nanti di Bandung," jelasnya.

Hal serupa dikatakan juga oleh Dr. Suresh Letchmanan selaku Borussia Dortmund Managing Director Asia Pacific. Menurutnya, laga persahabatan ini diprediksi bakal berlangsung menarik.

"Menjadi sebuah kebahagian untuk kami bisa menjalani pertandingan di Indonesia. Ini adalah sebuah penantian panjang untuk kami dan pada akhirnya, itu terbayarkan dengan kehadiran para legenda," ungkap Letchmanan.

Lebih lanjut Letchmanan menuturkan, kegiatan ini menjadi momen bagi Borussia Dortmund untuk bertemu secara langsung dengan para supporternya di Indonesia.

"Untuk bisa menyentuh para supporter adalah menjadi hal yang paling utama bagi kami. Kami memiliki basis supporter di Indonesia yang jumlahnya mencapai sekitar 700.000 pengikut. Kami sangat menantikan kesempatan untuk bisa dekat dengan mereka," ungkapnya.

"Kami juga memiliki agenda 'Asia Fan Gathering' yang mana juga menjadi market yang sangat penting bagi kami. Itulah bagaimana kami bisa menggapai mereka secara langsung selain dukungan dari para mitra dan juga media yang saya sangat tahu, mereka sangat antusias dengan itu," jelasnya.

Sementara itu, Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB ), Teddy Tjahjono, mengatakan pihaknya sangat menantikan pertandingan persahabatan ini.

Pasalnya, pertandingan ini menjadi momen untuk pecinta Borussia Dortmund dan Bobotoh untuk menyaksikan legenda dari kedua tim yang bakal berlaga di lapangan.

"Ini akan menjadi pertandingan yang sangat menarik bagi kita semua karena di Indonesia, sepakbola adalah olahraga yang sangat populer. Kedatangan klub Internasional seperti Borussia Dortmund akan menjadi pengalaman yang sangat baik dan kami sangat menantikannya," kata Teddy.