In-depth

Rontini Terbaru, Ini 5 Pemain Asing yang Putuskan Mualaf Pasca Betemu Jodoh di Indonesia

Kamis, 7 September 2023 06:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Media Persita Tangerang
Bek asing Persita Tangerang, Christian Rontini baru saja memutuskan memeluk agama Islam dan menjadi mualaf. Dia resmi mengumumkannya ke publik. Copyright: © Media Persita Tangerang
Bek asing Persita Tangerang, Christian Rontini baru saja memutuskan memeluk agama Islam dan menjadi mualaf. Dia resmi mengumumkannya ke publik.

FOOTBALL265.COM - Bek asing Persita Tangerang, Christian Rontini baru saja memutuskan memeluk agama Islam dan menjadi mualaf. Dia resmi mengumumkannya ke publik.

Berdasarkan informasi yang didapat INDOSPORT, Rontini mengucapkan kalimat syahadat pada pekan lalu. Bek asal Filipina itu didampingi sejumlah pemain Persita seperti Javlon Guseynov, Rendy Oscario, dan masih banyak lagi.

Kabarnya, pemain 23 tahun itu memutuskan menjadimualaf karena bertemu jodohnya di Indonesia.

Rontini disebut akan melangsungkan lamaran dan pernikahan dalam waktu dekat dengan Amanda Gonzales yang merupakan putri dari eks pemain Timnas Indonesia, Cristian Gonzales.

Rontini bukan nama pertama yang menjadi mualaf setelah bertemu calon istri di Indonesia. Sebelumnya sudah ada beberapa pemain asing yang menjalani pilihan itu.

Siapa saja pendahulu Rontini? Berikut ulasan INDOSPORT.

1. Cristian Gonzales

Calon ayah mertua Rontini ini memutuskan mualaf pada tahun 2003 lalu. Awalnya dia berbeda agama dengan sang istri, Eva Siregar.

Gonzales baru masuk islam setelah delapan tahun membina rumah tangga. Awalnya, ia takjub melihat istrinya berwudhu dan salat dengan mukena putih.

El Loco juga membawa serta dua anaknya, Amanda dan Michael dari pernikahan sebelumnya. Mereka kemudian menjadi muslim yang taat hingga saat ini.

2. Danilo Fernando

Danilo pertama kali datang ke Indonesia pada 2003 dan memperkuat Petrokimia. Setelahnya, ia kemudian hengkang ke Persebaya dan Persik Kediri.

Namun namanya mulai melejit ketika memperkuat Persik Kediri. Di klub ini pula Danilo Fernando memutuskan pindah keyakinan pada 2008 lalu.

Banyak yang mengira ia menjadi mualaf karena pengaruh sang istri, Windy Fitria Marzuki. Tapi hal itu dibantah Danilo.

Danilo mengaku terpanggil untuk menjadi seorang muslim usai melihat rekan-rekan satu timnya menjalankan sholat lima waktu.

Empat hari setelah mengucap syahadat, Danilo menikahi Windy Fitria Marzuki. Ia lalu berganti nama menjadi Muhammad Danilo Fernando.

3. Esteban Vizcarra

Pemain naturalisasi ini mualaf pada 2012 lalu, setelah tiga tahun berkarir di Liga Indonesia.

Esteban memutuskan memeluk agama Islam karena ingin menikahi kekasihnya bernama Resti Ayu Ferdina. Kini, keduanya memiliki seorang putra.

4. Silvio Escobar

Escobar memutuskan untuk memeluk agama Islam pada 2015 lalu. Di tahun yang sama, ia juga mempersunting wanita Indonesia bernama Merry Marsita.

Escobar merupakan striker yang kenyang pengalaman di sepak bola Indonesia. Ia membela PSM Makassar, PSIS Semarang, Persija Jakarta, Badak Lampung, Mitra Kukar, Persikabo, Persiraja Banda Aceh dan Madura United.