Liga Indonesia

Kiper Timnas M Ridho Kritik Pedas Jalannya Liga 2 Gresik United vs Persekat

Senin, 11 September 2023 08:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/Football265.com
Penjaga gawang Bali United dan mantan pemain Timnas Indonesia, Muhammad Ridho. Foto: Arif Rahman/Football265.com Copyright: © Arif Rahman/Football265.com
Penjaga gawang Bali United dan mantan pemain Timnas Indonesia, Muhammad Ridho. Foto: Arif Rahman/Football265.com

FOOTBALL265.COM - Mantan kiper Timnas Indonesia, Muhammad Ridho layangkan kritik pedas terhadap jalannya laga pekan pertama Liga 2 antara Gresik United vs Persekat Tegal.

Pertandingan Liga 2 antara Gresik United vs Persekat Tegal tersaji di Stadion Gelora Joko Samudro, Minggu (10/09/23). Skor akhir 2-0 untuk kemenangan tuan rumah Gresik United.

Gresik United mendominasi sejak menit awal, tetapi Persekat Tegal mampu mematahkan serangan, skor 0-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, pelatih Rudy Eka Priyambada melakukan penyegaran pemain dengan memasukkan Dicky Kurniawan, yang akhirnya membuka keran gol Gresik United.

Dicky Kurniawan sukses menjebol gawang Persekat Tegal lewat tendangan bebas. Bola melesat ke pojok kiri atas gawang dan gagal diamankan kiper Tubagus. Skor berubah 1-0.

Gresik United menggandakan keunggulan di menit ke-80. Mendapatkan umpan manis dari Samsul Arif, tendangan pelan Dian Ardiansyah mampu menjebol gawang Persekat. Skor 2-0.

Terlepas dari hasil akhir, ada pemandangan tak biasa dalam laga Liga 2 Gresik United vs Persekat Tegal. Tuan rumah menggunakan jersey berwarna kuning dalam laga ini.

Sementara kiper Persekat Tegal, Tubagus Safrudin juga memakai jersey warna kekuningan. Hal ini membuat pemain dan juga penonton bingung mana kawan dan mana lawan.

Bahkan, mantan kiper Timnas Indonesia, Muhammad Ridho mengaku pernah memiliki pengalaman yang sama, warna jersey yang ia kenakan sama dengan jersey tim lawan.

Saat itu, M. Ridho yang masih membela Madura United, harus menggunakan rompi berwarna pink untuk membedakan dengan tim lawan, PSS Sleman yang pakai jersey hijau.

Pada kompetisi Piala Menpora 2021 lalu, Muhammad Ridho yang membela Madura United mengenakan jersey hijau, sementara lawannya, PSS Sleman juga identik dengan warna hijau.

Panitia pelaksana Piala Presiden akhirnya meminta M. Ridho untuk menggunakan rompi berwarna pink, agar pemain di lapangan maupun para penonton tidak kebingungan.

Maka dari itu, ketika ada kejadian jersey kiper Persekat Tegal sama dengan jersey pemain Gresik United, M. Ridho langsung angkat suara.

"Gimana sih, kok warna baju kiper Persekat sama persis dengan pemain Gresik United (kuning-kuning)," kritik dari pemilik akun Instagram @pengamatsepakbola.

"Saya malah pakai rompi Mas, Piala Menpora 2021," balas M. Ridho melalui kolom komentar, disertai dengan emoji tersenyum.

"Liga 1 aja masih membingungkan, apalagi Liga 2," komentar dari akun IG @alharon**.

"Lebih ketat regulasi liga mahasiswa yak," kritik pedas dari pemilik akun @derbytw**.

"Harusnya mana boleh kostum kiper sama dengan warna kostum lawan. Inilah kenapa pengamat menilai knowledge orang-orang sepak bola Indonesia ini sangat tertinggal," timpal @edoas**.

Namun, banyak juga netizen yang membuat klarifikasi bahwa sebenarnya kiper Persekat mengenakan jersey berwarna kehijauan, tetapi terlihat bias kekuningan di layar kaca.