In-depth

Erik ten Hag hingga Mourinho, 5 Pelatih Top yang Bisa Dipecat Lebih Awal Musim Ini

Senin, 11 September 2023 14:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© REUTERS/Alberto Lingria
Pelatih AS Roma Jose Mourinho memberikan arahan kepada para pemain Roma saat istirahat pertandingan melawan AC Milan pada laga Liga Italia. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria) Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Pelatih AS Roma Jose Mourinho memberikan arahan kepada para pemain Roma saat istirahat pertandingan melawan AC Milan pada laga Liga Italia. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

FOOTBALL265.COM – Meski kompetisi baru berjalan beberapa pekan, namun sejumlah pelatih top dari kompetisi elite Eropa berikut berpotensi angkat kaki lebih cepat dari klubnya.

Pada musim 23/24 ini, banyak kejutan terjadi terutama sepanjang bursa transfer di mana banyak tim yang rela jor-joran demi dapatkan pemain idaman.

Seperti di Liga Inggris, ada Chelsea yang tak ragu menggelontorkan dana mencapai 462 juta euro untuk menggaet 11 pemain baru.

Selain aktivitas transfer yang tak masuk akal, ketatnya persaingan musim ini juga membuat beberapa klub melakukan tindakan tegas terhadap para pelatih mereka.

Jika gagal memberikan performa yang menjanjikan, bukan tak mungkin para pelatih tersebut akan angkat kaki lebih awal meski liga baru bergulir beberapa pekan.

Hal tersebut bahkan sudah dialami oleh Quique Setien, mantan pelatih Barcelona tersebut jadi pelatih pertama dari lima liga top Eropa yang resmi dipecat musim ini.

Quique Setien dipecat Villarreal setelah hanya berikan satu kemenangan dan menelan tiga kekalahan di musim ini.

Serupa dengan Quique Setien, posisi para pelatih berikut juga sedang berada di ujung tanduk lantaran belum bisa membawa tim besutannya bersaing di papan atas.

Berikut INDOSPORT merangkum, lima pelatih top di liga Eropa yang berpotensi dipecat lebih awal musim ini:

Erik ten Hag
Nama pertama adalah Erik ten Hag. Pelatih asal Belanda ini berpeluang didepak Manchester United usai performa yang tak kunjung konsisten saat membesut Setan Merah.

Meski sudah menggelontorkan dana mencapai 206 juta euro untuk mendatangkan pemain baru, namun Manchester United arahan Erik ten Hag masih saja tertahan di papan tengah Liga Inggris.

Selain rapor penampilan yang buruk, keputusan taktikal yang dianggap blunder juga jadi alasan mengapa Erik ten Hag berpotensi besar didepak awal musim ini.