Timnas Indonesia

Analisis Presiden Jokowi Tentang Kekuatan Timnas U-23 dan Perjalanan ke Piala Asia 2024

Rabu, 13 September 2023 18:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Presiden Joko Widodo memuji racikan taktik Shin Tae-yong yang meloloskan timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 2024. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Presiden Joko Widodo memuji racikan taktik Shin Tae-yong yang meloloskan timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 2024.

FOOTBALL265.COM - Presiden Joko Widodo memuji racikan taktik Shin Tae-yong yang meloloskan timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 2024.

Ia melihat kerja sama antarlini Garuda Muda sangat rapi setelah menonton langsung perjuangan Ivar Jenner dan kolega menuju Qatar.

Presiden Jokowi menyaksikan aksi Timnas Indonesia U-23 melawan Turkmenistan U-23 di tribun barat Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/23).

Yang bersangkutan dudu berdampingan dengan istrinya, Iriana Jokowi, dan Jan Ethes cucu tersayang. Ada pula putranya yakni Kaesang Pangarep yang bersebelahan dengan Erick Thohir selaku ketua PSSI yang duduk tak jauh darinya.

Selama pertandingan Presiden Jokowi sangat ekspresif dalam menyikapi apa yang ada di pertandingan. Ia bersorak kegirangan saat Ivar Jenner dan Pratama Arhan membobol gawang Turkmenistan.

Seusai pertandingan, Presiden Jokowi mendapat hormat dari pasukan Shin Tae-yong. Hormat itu direspons Presiden Jokowi dengan tepuk tangan dan melambaikan tangan.

Presiden Jokowi menilai performa yang ditampilkan Timnas U-23 patut diapresiasi. Apalagi Indonesia sudah lama tak pernah menang dari Turkmenistan U-23.

"Pertandingannya saya lihat sangat keras, saling menyerang dan sudah kita ketahui hasilnya 2-0. Ini sejarah karena kita belum pernah menang lawan Turkmenistan (U-23) sejak 2012. Ini hadiah ulang tahunnya pak Erick," ungkap Presiden Jokowi usai pertandingan.

Presiden Jokowi menganalisis permainan Timnas U-23. Menurutnya, performa yang ditunjukkan para pemain sangat rapi dari lini belakang hingga depan.

"Saya lihat semua lini saling mendukung dengan baik, depan baik, tengah baik dan belakangnya baik. Saya lihat kerjasamanya sudah saling mengerti. Ya, semuanya bermain baik," jelas Presiden Jokowi.

Ia pun kaget ketika gol Hokky Caraka dianulir wasit. Dalam tayangan ulang, hakim garis membuat keputusan kurang tepat karena Pratama Arhan yang melakukan passing ternyata tidak offside.

"Ya biasa dalam bola, kaget juga ternyata ndak (gol). Ya nggak apa yang penting 2-0 dan kita bisa ke Qatar," ungkap Presiden Jokowi.

Piala Asia U-23 2024 akan digelar di Qatar mulai 16 April 2024 mendatang. Presiden Jokowi ingin momentum yang dimiliki Timnas U-23 terus dijaga.

Ada waktu panjang bagi tim pelatih bersama pemain untuk berbenah lagi menuju Qatar. Indonesia akan menghadapi lawan berat pada babak utama nanti.

"Ini masih agak panjang, di bulan April, persiapannya lebih panjang. Menurut saya kita akan ke sana dengan jauh lebih siap," ucap Presiden Jokowi.

"Harus terus dijaga agar kerjasamanya semakin baik, passingnya tidak ada yang salah," lanjutnya.

Indonesia lolos bersama 15 negara lain, termasuk tuan rumah Qatar. Dari kawasan Asia Tenggara, ada Thailand, Vietnam dan Malaysia yang memastikan lolos ke Qatar.

Tiket lain menjadi milik Yordania, Korea Selatan, Jepang, Uzbekistan, Irak, Uni Emirat Arab, Australia, Arab Saudi, Kuwait, Tajikistan dan China.

Piala Asia U-23 2024 bakal menarik karena semua negara berpotensi menghadapi masalah sama. Klub tak wajib melepas pemain ke Piala Asia U-23 2024 karena tak masuk kalender resmi FIFA.