Timnas Indonesia

Cara Frank Wormuth Terapkan Gaya Sepak Bola Eropa di Timnas Indonesia U-17

Jumat, 15 September 2023 17:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dirtek PSSI, Frank Wormuth hadir untuk memantau latihan Timnas U-17 sebagai persiapan uji coba menghadapi Korea Selatan U-17 di Lapangan A Senayan, Sabtu (26/08/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dirtek PSSI, Frank Wormuth hadir untuk memantau latihan Timnas U-17 sebagai persiapan uji coba menghadapi Korea Selatan U-17 di Lapangan A Senayan, Sabtu (26/08/23).

FOOTBALL265.COM - Direktur Teknik PSSI, Frank Wormuth, ingin membentuk gaya permainan Timnas Indonesia U-17 dengan gaya permainan Eropa. Namun dia tidak akan melupakan gaya permainan sepak bola Indonesia.

Timnas Indonesia U-17 memang tengah disiapkan untuk tampil di ajang Piala Dunia U-17 2023. Skuad besutan Bima Sakti ini pun bakal menggelar pemusatan latihan di Jerman.

PSSI  mengirim Timnas Indonesia U-17 ke Jerman untuk menjalani training camp di dua kota negara bagian North Rhine-Westphalia, kawasan Monchengladbach dan Dortmund. PSSI bekerja sama dengan pihak Bundesliga mengeset  setidaknya enam uji coba berkelas. 

Selama berlatih di Jerman nanti, Bima Sakti memang akan didampingi oleh Frank Wormuth yang juga Direktur Teknik PSSI

Frank memang paham benar lika-liku sepak bola Jerman akan mendampingi langsung Bima Sakti dan para asisten lainnya. Timnas Indonesia U-17 yang berangkat pada 17 September hingga medio Oktober akan berkekuatan 28-34 pemain, untuk mengantisipasi kemungkinan cedera. 

Menanggapi skuad Timnas Indonesia U-17 saat ini, Frank melihat pemain Indonesia memiliki kualitas. Namun memang permasalahan fisik harus ditingkatkan lagi.

"Saya melihat mereka semua punya kualitas yang bagus dan itu penting. Mereka semua bisa memainkan bola dengan baik tapi memang untuk main di sebuah turnamen, dibutuhkan fisik yang bagus. Dan untuk meningkatkan fisik butuh waktu. Inilah yang sedang kita kerjakan saat ini," ujar Frank.

Frank sendiri ingin menanamkan gaya permainan Eropa di Timnas Indonesia U-17. Namun tetap tidak meninggalkan pola permainan sepak bola Indonesia.

"Kami sedang coba menerapkan gaya sepak bola Eropa tanpa melupakan gaya sepak bola Indonesia. Jadi kami harus mengkombinasikan budaya yang ada ini dan mari kita lihat apa yang akan terjadi," kata Frank.