Liga 1

Kalah Terus, Aji Santoso Bakal Rombak Tim Persikabo Usai Putaran Pertama Liga 1

Minggu, 17 September 2023 16:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persikabo 1973, Aji Santoso, memastikan akan melakukan perombakan komposisi pemain setelah menyelesaikan putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024.(Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persikabo 1973, Aji Santoso, memastikan akan melakukan perombakan komposisi pemain setelah menyelesaikan putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024.(Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persikabo 1973, Aji Santoso, memastikan akan melakukan perombakan komposisi pemain setelah menyelesaikan putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024.

Mantan pelatih Persebaya Surabaya ini mengatakan, tidak terlalu banyak berharap dengan timnya pada sisa pertandingan putaran pertama. Karena, komposisi pemain yang ada saat ini tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Hal itu, disampaikan oleh Aji Santoso setelah timnya menelan kekalahan 2-0 dari Persib Bandung pada pertandingan pekan ke-12 kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (16/09/23).

Sebagai informasi, Persikabo menggeser posisi Salvador Rodriguez menjadi Direktur Teknik dan menunjuk Aji Santoso sebagai pelatih pada pertengahan Agustus 2023.

"Saya memang tidak terlalu berharap banyak dengan tim ini di putaran pertama," kata Aji Santoso.

Lebih lanjut Aji Santoso menuturkan, sudah menyampaikan keinginannya kepada manajemen terkait rencana perombakan komposisi pemain usai berakhirnya putaran pertama Liga 1 2023-2024.

"Nanti pasti di putaran kedua pasti akan banyak perubahan, dan saya sudah sampaikan kepada manajemen kita tidak bisa bermain dengan komposisi yang ada saat ini," ucapnya menambahkan.

Meski demikian, Aji menegaskan akan tetap berusaha semaksimal mungkin dengan komposisi pemain yang ada saat ini, agar tim berjuluk Laskar Padjajaran bisa meraih hasil maksimal di sisa putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024.

"Artinya dengan sisa pertandingan kami tetap bekerja keras tetapi nanti di putaran kedua pasti akan banyak evaluasi," tegas Aji Santoso.

Sejauh ini, hingga memasuki pekan ke-12 kompetisi Liga 1 2023-2024, Persikabo masih berada di papan bawah yakni di peringkat 17 dengan mengumpulkan 9 poin.

Aji menyadari tidak mudah bagi Persikabo keluar dari zona degradasi, meski begitu pada sisa pertandingan putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024 dia akan berusaha semaksimal mungkin memperbaiki posisi Laskar Padjajaran.

"Di sisa 5 pertandingan ini kami tetap mencoba paling tidak nanti putaran pertama berusaha tidak di zona degradasi, di atas-atasnya sedikit dan saya yakin untuk putaran kedua nanti akan banyak perubahan di tim ini," ungkapnya.

Penyebab Kekalahan Persikabo dari Persib

Sementara itu, mengomentari kekalahan yang didapat timnya dari Persib, Aji cukup puas dengan penampilan anak asuhnya. Pasalnya, performa pasukannya mengalami peningkatan.

Walaupun, hasil akhir pertandingan pekan ke-12 kompetisi Liga 1 2023-2024 menurut Aji Santoso tidak sesuai dengan harapannya.

"Pertama, saya ucapkan terima kasih buat Persib pada pertandingan ini menang 2 - 0. Sebenarnya sih dari segi permainan saya cukup puas, banyak peningkatan yang pemain pemain saya perlihatkan selama saya datang tetapi hasilnya memang masih minor," ungkapnya.

Lebih lanjut Aji menuturkan, pada babak pertama Persikabo mampu menguasai pertandingan dan menekan pertahanan Persib serta menciptakan beberapa peluang.

Namun, memasuki babak kedua, Persib berhasil mencetak gol melalui penalti David da Silva saat memasuki menit 49. Gol tersebut menurutnya, membuat mental pemain down.

Pasalnya, gol penalti David da Silva tercipta di awal babak kedua, sehingga pasukannya sulit untuk bangkit dan akhirnya pada menit akhir kembali bola bersarang di gawang Persikabo. 

Gol kedua Persib ini dicetak melalui Ezra Walian yang masuk di babak kedua, skor pertandingan berakhir 2-0 untuk kemenangan skuad Maung Bandung.

"Jujur saja mulai babak pertama sebenarnya justru Persikabo banyak menekan Persib, penguasaan bola juga menurut saya juga cukup dominan, tapi sayang gol penalti yang membuat mental pemain saya sedikit down, karena menit-menit awal," kata Aji Santoso.