Liga Indonesia

Respons Pelatih PSMS Medan Usai Hanya Main Imbang Lawan Sada Sumut di Liga 2

Minggu, 17 September 2023 18:43 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Prio Hari Kristanto
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSMS Medan, Ridwan Saragih (kanan), didampingi pemainnya, M. Fardan Harahap (kiri). Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSMS Medan, Ridwan Saragih (kanan), didampingi pemainnya, M. Fardan Harahap (kiri). Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Hasil imbang 1-1 yang didapatkan dari tuan rumah Sada Sumut FC, di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sabtu (16/09/23) sore bukan merupakan target yang diinginkan PSMS Medan di laga perdana mereka di Grup 1 Liga 2 2023-2024.

Kendati demikian, hasil itu tetap disyukuri Ayam Kinantan lantaran tidak pulang dengan hasil nihil. Hal itu disampaikan Pelatih Kepala PSMS, Ridwan Saragih, dalam temu pers usai pertandingan.

Menurut Ridwan Saragih, hasil tersebut merupakan yang terbaik bagi timnya. Pemain PSMS gagal mengantisipasi serangan lawan babak pertama setelah melakukan rentetan serangan ke wilayah pertahanan lawan.

"Memang di akhir babak pertama kita kecolongan ya dari bola free kick. Sebelum pertandingan kita ingatkan, saat free kick pemain harus bisa antisipasi tapi akhirnya kita kecolongan di akhir babak pertama," ujar Ridwan.

Tak ingin kekalahan jadi hasil laga perdana PSMS Medan, Ridwan Saragih meminta pada para pemain untuk lebih agresif di babak kedua. Selain agresivitas ditingkatkan, menurutnya pergantian sejumlah pemain turut memberikan kontribusi perubahan pola permainan timnya. 

"Di babak kedua kita evaluasi harus lebih agresif lagi. Kemudian ada pergantian beberapa pemain untuk beberapa posisi, tujuannya untuk lebih mempertajam daya serang PSMS," ucapnya.

Dari beberapa pergantian termasuk mengganti Defri Riski dengan Wahyu Rahmat Ilahi sebagai pergantian pemain pertama menjadi titik balik Ayam Kinantan.

Kendati tampil dengan 10 pemain pascawasit Cahya Purnama mengusir Azis Hutagalung di menit ke-83 karena melakukan pelanggaran terhadap pemain Sada Sumut FC, PSMS tetap tampil menekan.

 "Alhamdulillah dengan 10 orang kita masih bisa menciptakan gol," ucap pelatih berlisensi A AFC berusia 47 tahun itu.

Sementara pemain PSMS, M. Fardan Harahap, juga bersyukur bisa mendapat hasil imbang di laga perdana tersebut, kendati bukan hasil terbaik.

"Pertandingan yang tidak mudah, perdana di Liga 2 walaupun di persiapan terbilang cukup baik. Semoga ke depannya bisa mendapatkan hasil yang terbaik," ujar Fardan usai pertandingan.