Liga 1

Arema FC Berduka, Suporter Setia dari Inggris Tutup Usia

Selasa, 19 September 2023 19:40 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Arema FC menyampaikan belasungkawa yang mendalam setelah mendapatkan kabar bahwa Paul Anthony Cumming tutup usia pada Selasa (19/9/23). Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Arema FC menyampaikan belasungkawa yang mendalam setelah mendapatkan kabar bahwa Paul Anthony Cumming tutup usia pada Selasa (19/9/23).

FOOTBALL265.COM - Klub Liga 1, Arema FC menyampaikan belasungkawa yang mendalam setelah mendapatkan kabar bahwa Paul Anthony Cumming tutup usia pada Selasa (19/9/23).

Paul Cumming berpulang atas sakit yang dialaminya sejak beberapa tahun terakhir. Kini, suporter setia dari Shrewsbury Inggris itu tidak akan lagi menyaksikan laga di tribun.

"Kami sampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Paul Cumming," ujar General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi melalui rilis resmi klub.

"Kita tahu bersama, beliau memiliki dedikasi besar dan kecintaan terhadap sepak bola Indonesia," sambung figur asal Padang, Sumatera Barat tersebut.

Secara historis, Paul Cumming memang tak pernah menjadi bagian tim berjulukan Singo Edan, baik sebagai pemain maupun pelatih selama di Indonesia.

Figur yang berpulang pada usia 76 tahun itu lebih dikenal sebagai penemu sejumlah bakat sepak bola terbaik asal Papua karena melatih beberapa klub disana.

Perseman Manokwari pernah dibesutnya 2 kali periode pada 1984-1987 dan 2001-2004 di Liga Indonesia. Karirnya berlanjut ke Persinab Nabire 1989-1990.

Paul Cumming juga sempat menukangi Persewon Wondama pada 2008-2009 sekaligus ditunjuk sebagai pelatih tim Papua pada PON 2008 silam.

Namun karena tempat tinggalnya di Poncokusumo Kabupaten Malang, Paul berusaha konsisten untuk mendukung Arema FC di tribun Stadion Kanjuruhan Malang.

Paul Cumming jadi suporter setia Arema FC selama periode 2017 sampai 2019 silam. Seiring pandemi covid-19, keberadaannya tak lagi di tribun sejak 2020.

Paul Cumming memang tidak selalu hadir pada setiap laga home Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang. Namun, dia jadi saksi atas laga besar Arema FC.

Seperti ketika klub berlogo kepala singa mencatatkan prestasi besar dengan menjuarai Piala Presiden 2019. Paul Cumming hadir di tribun saat laga final.

Arema FC kala itu memenangi Derby Jatim atas Persebaya Surabaya 2-0 (12/4/19) setelah bermain imbang 2-2 di Stadion Gelora Bung Tomo (9/4/19).

"Bahkan, kami merasa terharu ketika Paul Cumming semasa hidupnya, tetap memberi dukungan meski dalam kondisi sakit," tandas Yusrinal Fitriandi.

Ya, Paul Cumming termasuk figur yang memelopori para penyandang disabilitas untuk tak takut datang ke Stadion Kanjuruhan dalam mendukung Arema FC.

Paul dimudahkan fasilitas khusus akses disabilitas di Kanjuruhan, melalui kursi roda yang didorong oleh sang istri, Dwi Rahmatus Selfiati.

Kini, Arema FC bakal merindukan suporter setia dari Inggris itu di masa mendatang. Sir Paul tak lagi hadir di tribun VVIP ketika Arema FC kembali bertanding di Malang suatu saat nanti.

"Semoga amal ibadah almarhum (Paul Cumming) diterima di sisi-Nya," pungkas pengganti Ruddy Widodo sebagai General Manager Arema FC tersebut.