Liga 1

Pimpin Klasemen Liga 1, Penggawa Madura United Diganjar Trofi Individu

Kamis, 21 September 2023 13:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© MO Madura United
Sukses Madura United atas predikat sebagai pemuncak klasemen sampai pekan ke-12 dengan 26 poin di  Liga 1 2023/2024, mulai menuai apresiasi nyata. (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Sukses Madura United atas predikat sebagai pemuncak klasemen sampai pekan ke-12 dengan 26 poin di Liga 1 2023/2024, mulai menuai apresiasi nyata. (Foto: MO Madura United)

FOOTBALL265.COM - Sukses Madura United atas predikat sebagai pemuncak klasemen sampai pekan ke-12 dengan 26 poin di  Liga 1 2023/2024, mulai menuai apresiasi nyata.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, mengganjar para penggawa Madura United dengan sejumlah trofi individu edisi Agustus 2023.

LIB menobatkan Mauricio Souza sebagai pelatih terbaik. Sedangkan dari sisi pemain, gelandang impor asal Meksiko, Francisco Rivera jadi pemenangnya.

Kedua pilar penting tim berjulukan Laskar Sape Kerrab itu memamerkan trofi individu mereka pada sesi latihan tim di Stadion Gelora Bangkalan, Selasa (19/9/23).

"Saya dedikasikan trofi ini untuk semua elemen klub, baik staf pelatih, pemain dan manajemen," ucap Mauricio Souza menanggapi trofi tersebut.

"Tak lupa kepada keluarga saya, baik yang ada disini maupun yang di Brasil," eks juru taktik Vasco Da Gama ketika berlaga di Serie B Brasil itu menambahkan.

Pelatih kebangsaan Brasil itu pun menyinggung peran penting Achsanul Qosasi. Ya, orang nomor satu di Madura United itu layak mendapat apresiasi.

"Presiden klub selalu memberi dukungan kepada kami hingga bisa meraih hasil maksimal. Terima kasih," tandas Souza.

"Terima kasih untuk keluarga saya, pemain, pelatih dan presiden klub. Trofi ini untuk (masyarakat) Madura," timpal pemenang pemain terbaik Liga 1 Agustus, Francisco Rivera.

Rasanya, sangat fair jika LIB memberi apresiasi melalui trofi pelatih dan pemain terbaik untuk Madura United. Berikut serba serbi perihal performa mereka sejauh ini.

10 Figur Brasil

Pakem sepak bola Brasil begitu melekat di Madura United musim ini. Tercatat, ada 10 figur asal Negeri Samba yang berkontribusi penting di klub.

Staf kepelatihan tim dihuni oleh Mauricio Souza (pelatih kepala), Italo Bartole, Joao Pedro Rayol (asisten pelatih), Gerson Rodrigues (pelatih kiper) dan Adriel Santos (fisioterapis).

Lalu di sektor pemain, Madura United mengandalkan 4 pemain asing dari Brasil. Mereka adalah Cleberson Martins, Hugo Gomes "Jaja", Luiz Marcelo Morais "Lulinha" dan Junior Brandao.

Sedangkan Claudio Luzardi yang lahir di Brasil, menjadi penerjemah meski statusnya sudah WNI. Begitu pula Beto Goncalves, yang kini dipinjamkan ke PSBS Biak.

Konsisten Cetak Gol

Predikat Madura United sebagai pemuncak klasemen Liga 1 juga lengkap seiring label tim produktif. Dari 12 laga, sudah 24 gol dilesakkan dengan 13 kali kebobolan (surplus 11 gol).

Sepanjang periode itu, Madura United juga konsisten mencetak gol di tiap laga. Hanya ketika melawan Bhayangkara FC (25/8/23), Madura United gagal mencetak gol, hasilnya imbang 0-0.

Asing Debutan

Madura United juga punya 3 pemain asing debutan yang untuk pertama kalinya merumput di Liga 1. Cleberson, Lulinha dan Jaja sudah hadir sejak 2 musim terakhir.

Sedangkan Junior Brandao (Brasil) dan Jacob Mahler (Singapura) baru ke Indonesia. Begitu pula gelandang asal Meksiko, Francisco Rivera.

2 Venue

Madura United juga sejauh ini memaksimalkan 2 venue yang didaftarkan sebagai home base di Liga 1 2023/2024. Sudah 6 jadwal home mereka gelar secara merata.

Tim Laskar Sape Kerrab menggelar 3 laga home awal di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan di Pamekasan, 3 home terakhir di Stadion Gelora Bangkalan.