Liga 1

Prediksi Liga 1: Persebaya Surabaya vs Arema FC, H2H, Jadwal, Live Streaming

Jumat, 22 September 2023 12:09 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi pertandingan antara Persebaya Surabaya vs Arema FC (BRI Liga 1). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi pertandingan antara Persebaya Surabaya vs Arema FC (BRI Liga 1).

FOOTBALL265.COM - Pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia 2023/24 antara Persebaya Surabaya vs Arema FC, Sabtu (23/9/23), diprediksi berlangsung sengit karena rivalitas kedua tim.

Duel pekan ke-13 Liga 1 2023/24 akhir pekan nanti bakal seru karena mempertemukan Persebaya vs Arema FC bertajuk Derby Jawa Timur.

Persebaya Surabaya sebagai tuan rumah memiliki semangat berlipat untuk bisa mendapatkan poin penuh di kandang, terlebih mereka didukung oleh puluhan ribu Bonek dan Bonita.

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Derby Jawa Timur yang berlangsung pada Sabtu (23/9/23) dipastikan penuh, terbukti dengan ludesnya tiket sebanyak 25.000 lembar.

Misi meraih tiga poin selain dua hal di atas juga dari pertandingan sebelumnya. Persebaya babak belur dihajar Madura United 0-3 di pekan ke-12.

Hasil minor pada laga pekan lalu sekaligus memutus pencapaian tidak pernah kalah dari lima pertandingan terakhir. Pelatih Josep Gombau optimistis timnya mampu tampil maksimal, terlebih tak ada pemain yang cedera.

“Semuanya siap turun, jadi tidak ada masalah di tim. Semua pemain sehat dan siap dimainkan,” kata Gombau dikutip dari situs resmi PT LIB, Jumat (22/9/23).

Di urutan klasemen sementara Persebaya Surabaya lebih unggul daripada Arema FC. Bajul Ijo saat ini bertengger di posisi ke-8 dengan perolehan 18 poin.

Sementara di pihak lawan Arema FC, kehadiran mereka ke Stadion GBT pastinya ingin meraih kemenangan. Motivasi Singo Edan meraih poin penuh didukung torehan kurang maksimal saat menjamu Persita Tangerang pada pekan lalu.

Pasukan Fernando Valente hanya bisa meraih poin satu, menyusul hasil imbang 0-0 kedua tim di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Namun ada kabar kurang baik dari Arema FC, mereka tidak bisa diperkuat bomber asingnya Gustavo Almeida karena akumulasi kartu kuning.

Kabar baiknya, meskipun striker asal Brasil ini absen. Arema FC tidak kehabisan stok pemain, sebab Dedik Setiawan diprediksi menjadi starter saat melawan Persebaya Surabaya.

Di klasemen sementara, jarak Arema FC dengan Persebaya Surabaya terpaut 8 peringkat. Mereka masih belum bisa mentas dari posisi tiga terbawah atau zona degradasi (16) dengan koleksi 10 poin.

Pelatih Arema FC, Fernando Valente, menjelaskan kondisi timnya saat ini dalam kondisi baik dan siap bertanding. Para pemain juga sudah berlatih intensif meski ada beberapa masalah, toh kondisi fisik selama dua pekan mengalami perkembangan pesat.

Pelatih berkebangsaan Portugal ini yakin dengan perkembangan fisik pemain yang cepat dapat membantu mengambil poin di Persebaya Surabaya.

“Kami sedang mengembangkan dinamika taktik dan saya pikir berkembang. Sekarang, kami fokus recovery untuk laga selanjutnya. Kami melakukan yang terbaik dan mencoba untuk menang. Seperti target pada laga-laga sebelumnya," imbuhnya.

Prakiraan Pemain:

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani; Arief Catur Pamungkas, Dusan Stevanovic, Kadek Raditya, Reva Adi Utama; Song Ui-young, Andre Oktaviansyah, Ze Valente; Sho Yamamoto, Bruno Moreira, Paulo Victor
Pelatih: Josep Gombau

Arema FC (4-3-3): Julian Schwarzer; Rifad Marasabessy, Syaeful Anwar, Charles Raphael, Johan Ahmat Farizi; Jayus Hariono, Ariel Lucero, Dendi Santoso; Maulana Syarief, Dedik Setiawan, Charles Lokoli

Pelatih: Fernando Valente

Player to Watch

Ze Valente (Persebaya Surabaya)

Peran Ze Valente sebagai penyuplai aliran bola Persebaya Surabaya menjadi salah satu pemain yang patut diwaspadai Arema FC.

Selain itu pemain asal Portugal ini setidaknya mengetahui ciri khas permainan yang diterapkan sang ayah Fernando Valente di skuat Singo Edan.
 
Eks pemain PSS Sleman ini juga mulai kembali ke performa terbaiknya dengan dibuktikan satu gol dalam laga kontra Borneo FC sebelum jeda internasional kemarin.

Dedik Setiawan (Arema FC)

Kembali membela Arema FC setelah absen karena akumulasi kartu kuning diprediksi bakal dimaksimalkan oleh Dedik Setiawan.

Selain itu, laga bertajuk Derbi Jawa Timur ini bakal menjadi cambukan untuk tampil maksimal untuk meraih tiga poin.

Striker asli Malang ini juga berhasil mencatatkan nama sebagai pencetak gol untuk Arema FC, selain Gustavo Almeida yang saat ini absen karena akumulasi kartu.

Head To Head

12/12/19 Persebaya Surabaya 4-1 Arema FC
6/11/21 Arema FC 1-1 Persebaya Surabaya
23/2/22 Persebaya Surabaya 1-0 Arema FC
1/10/22 Arema FC 2-3 Persebaya Surabaya
11/4/23 Persebaya Surabaya 1-0 Arema FC

5 Laga Terakhir Persebaya Surabaya

12/8/23 Persebaya Surabaya 1-0 Persita Tangerang
18/9/23 Persebaya Surabaya 1-0 PSM Makassar
26/8/23 PSS Sleman 0-0 Persebaya Surabaya
3/9/23 Persebaya Surabaya 2-1 Borneo FC
17/9/23 Madura United 3-0 Persebaya Surabaya

5 Laga Terakhir Arema FC

14/8/23 Arema FC 0-1 Rans Nusantara FC
20/8/23 Persija Jakarta 2-2 Arema FC
28/8/23 Arema FC 1-0 Persikabo 1973
1/9/23 Bhayangkara FC 0-2 Arema FC
16/9/23 Arema FC 0-0 Persita Tangerang

Prediksi INDOSPORT

Persebaya menang: 60%
Imbang: 10%
Arema menang: 30%

Pertandingan Liga 1 yang mempertemukan Persebaya Surabaya vs Arema FC ditayangkan secara langsung di Indosiar dan live streaming di Vidio.