Timnas Indonesia

Skenario Timnas Indonesia Lolos Group Asian Games 2022 usai Kalah dari Taiwan

Jumat, 22 September 2023 18:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© NOC Indonesia/Naif Al'As
Starting eleven Timnas Indonesia U-24 saat menghadapi Chinese Taipe pada laga kedua fase grup F Asian Games 2022, Kamis (21/09/23). Copyright: © NOC Indonesia/Naif Al'As
Starting eleven Timnas Indonesia U-24 saat menghadapi Chinese Taipe pada laga kedua fase grup F Asian Games 2022, Kamis (21/09/23).

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-24 memang masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022. Namun untuk lolos ke babak 16 besar, perlu skema khusus yang harus dilewati skuad asuhan Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-24 secara mengejutkan takluk dari China Taipei di laga kedua babak penyisihan Grup F Asian Games 2022. 

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia kalah tipis atas Taiwan dengan skor 0-1 lewat gol Wen Yen Chin pada menit ke-47. 

Di laga lainnya, Korea Utara mengalahkan Kirgistan dengan skor tipis 1-0 melalui Kim Kuk-jin saat laga baru berjalan 20 menit. 

Dengan kekalahan ini memang sangat disayangkan. Sebab bila meraih kemenangan peluang Timnas Indonesia U-24 untuk lolos ke babak 16 besar sangat terbuka.

Namun dengan kekalahan di laga kemarin, sejatinya tidak menutup pintu Timnas Indonesia U-24 untuk lolos ke babak 16. Akan tetapi, untuk tetap lolos ada ke babak 16 besar ada skema yang harus dilalui Timnas Indonesia U-24.

Nasib Timnas Indonesia U-24 untuk lolos ke babak 16 besar ditentukan di laga terakhir saat menghadapi Korea Utara.

Untuk skenario kelolosan pertama tentu Timnas Indonesia U-24 harus meraih kemenangan saat melawan Korea Utara 

Hasil itu akan membuat Timnas Indonesia U-24 memiliki enam poin, setara dengan Korea Utara. Meski demikian, kelolosan skuad Garuda Muda masih bergantung pada hasil di laga lain.

Timnas Indonesia U-24 harus berharap Kirgizstan bisa menaklukkan China Taipei di laga terakhir pula.

Sebab, bila China Taipei berhasil meraih kemenangan, maka akan membuat tiga negara memiliki poin yang sama yakni enam yang mana Indonesia kalah head-to-head (H2H) dengan Taipei sehingga penentuan hasil lain diperlukan selain H2H. 

Namun bila Timnas Indonesia U-24 justru bermain imbang saat melawan Korea Utara, satu-satunya jalan adalah berharap Kirgistan menaklukkan China Taipei. Jika skema ini terjadi, tim Merah Putih akan lolos sebagai runner-up dengan Korut menjadi juara grup sebab Timnas Garuda unggul H2H dari Kirgistan. 

Sedangkan andai Timnas Indonesia U-24 kalah dari Korut, skuad Garuda Muda akan lolos jika Kirgistan menang atas Taiwan tetapi selisih golnya tidak boleh lebih baik dari tim asuhan Indra Sjafri.