Liga 1

Alasan PSS Sleman Tolak Mentah-mentah Pengunduran Diri Pelatih Marian Mihail

Kamis, 28 September 2023 14:51 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© MO PSS Sleman
Pelatih PSS Sleman, Marian Mihail saat konfrensi pers usai pertandingan melawan Persikabo pada pekan ketujuh laga Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Selasa (08/08/23). (Foto: MO PSS Sleman) Copyright: © MO PSS Sleman
Pelatih PSS Sleman, Marian Mihail saat konfrensi pers usai pertandingan melawan Persikabo pada pekan ketujuh laga Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Selasa (08/08/23). (Foto: MO PSS Sleman)

FOOTBALL265.COM - PSS Sleman secara resmi menolak pengunduran diri Marian Mihail. Sentuhan pelatih berpaspor Rumania ini dianggap masih cukup ampuh untuk berprestasi di Liga 1 Indonesia 2023/24.

Marian Mihail tampak lelah dengan ulah suporter dalam beberapa kejadian, terutama ketika PSS Sleman tak mendapatkan kemenangan.

Mihail merasa perannya sebagai pelatih tak pernah mendapat dukungan dari suporter PSS. Makanya, dia sempat mengajukan pengunduran diri sebelum laga melawan Madura United.

Ternyata, pengunduran diri yang dia ajukan mendapat penolakan dari manajemen PSS Sleman. Mihail bakal terus mendampingi klub, termasuk dalam laga melawan Arema FC, Sabtu (30/9/23).

Presiden Direktur PSS Sleman, Gusti Randa, menjelaskan pertimbangan untuk tetap melanjutkan kerja sama dengan Marian Mihail.

Mihail dirasa masih sangat layak menjadi pelatih kepala. Keputusan ini diambil setelah terjadi diskusi antara dirinya bersama jajaran petinggi klub PSS.

PSS Sleman yang berada di peringkat kesebelas dengan 18 poin hanya selisih tiga poin saja dengan PSIS Semarang yang ada di zona empat besar Liga 1 2023/24.

"Hingga kini, Super Elja mengumpulkan total 18 poin hasil dari empat kali menang, enam kali seri, dan tiga kali kalah. Poin kami terpaut tiga dari posisi ke-4 (PSIS)," kata Gusti Randa, Kamis (28/9/23).

Tiga poin merupakan jarak yang sangat tipi, untuk tim yang berada di peringkat sebelas dan empat. Maka, PSS punya kans untuk berprestasi di Liga 1 2023/24.

"Artinya, secara tim PSS Sleman masih sangat bisa berjuang untuk masuk ke papan atas Liga 1 2023/24," tutur Gusti Randa.

Dukungan Mengalir Deras

Sebelum PSS Sleman membuat keputusan resmi tentang status Marian Mihail, dukungan sudah mengalir di akun Instagram resmi klub serta milik sang pelatih.

Ternyata, tidak semua suporter PSS Sleman menghendaki Marian Mihail cabut. Banyak pula yang menginginkan mantan direktur teknik timnas Rumania untuk bertahan.

"Ganti pelatih bukan jaminan PSS lebih baik, paling tidak ditangan coach Mihail ada progres yang baik.. #MihailStay" tulis @octavian8933 di postingan terbaik instagram @officialmarianmihail.

"Hasil terjadi seiring berjalannya waktu bukan dalam semalam we believe in you coach," tulis @aldi_budi_prasetya.

"Tetap semangat yakin bisa membawa PSS juara," tulis @bagu.sshuu.

PSS Sleman akan melakoni laga pekan ke-14 Liga 1 2023/24 kontra Arema FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (30/9/23).

Laga ini sangat menarik karena PSS punya rekor tandang yang bagus. Mereka mencatatkan tiga kemenangan, sekali hasil imbang dan hanya menelan dua kekalahan.

PSS Sleman berada di peringkat ke-4 sebagai tim yang sukses di laga tandang Liga 1 2023/24. Tiga teratas ditempati Madura United, Rans Nusantara FC, dan Persib Bandung yang mengamankan 11 poin.

Sementara itu, Arema FC merupakan tim yang sering kehilangan poin dalam laga kandang. Arema FC hanya mengantongi satu kemenangan, dua seri, dan menelan tiga kekalahan di Gianyar.

Dalam laga ini, PSS Sleman dipastikan tidak diperkuat Jihad Ayoub. Posisinya kemungkinan bakal digantikan Leonard Tupamahu yang akan berduet dengan Thales Lira.