In-depth

Bedah Formasi Persis Solo Tanpa Sidibe dan 3 Striker Murni vs Persija Jakarta

Kamis, 28 September 2023 14:06 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© MO Persis Solo
Persis Solo akan menjamu Persija Jakarta pada pekan ke-14 Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan, Sabtu (30/09/23). Copyright: © MO Persis Solo
Persis Solo akan menjamu Persija Jakarta pada pekan ke-14 Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan, Sabtu (30/09/23).

FOOTBALL265.COM - Tiga striker murni bakal absen membela Persis Solo pada pekan ke-14 Liga 1 Indonesia 2023/24. Simak bedah formasi Persis Solo melawan Persija Jakarta di Stadion Manahan Solo, Sabtu (30/9/23).

Persis Solo sejatinya memiliki empat striker murni pada musim ini. Jumlah itu sangat cukup bagi pelatih Leonardo Medina mengandalkan formasi dengan dua penyerang.

Namun sialnya, pada laga melawan Persija, ada tiga nama yang absen. Mereka adalah Fernando Rodriguez, Ramadhan Sananta dan Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Fernando absen karena menemani istrinya melahirkan di Spanyol. Lalu, Sananta gabung Timnas Indonesia U-24 di China dan Arkhan Kaka gabung Timnas Indonesia U-17 di Jerman.

Situasi bertambah sulit karena Irfan Jauhari yang bisa berperan sebagai penyerang juga absen sampai akhir musim. Jauhari sedang rehat total karena baru saja menjalani operasi lutut di Jakarta.

Praktis satu nama tunggal yang tersedia hanyalah David Gonzalez. Bomber asal Spanyol ini baru mengemas dua gol dalam 12 aksinya di Liga 1 2023-2024.

Maka, formasi yang sangat mungkin bakal diterapkan Persis Solo adalah 3-4-2-1. Formasi itu bakal menempatkan David Gonzalez sebagai bomber tunggal.

FOOTBALL265.COM coba membedah formasi realistis yang akan diandalkan Persis Solo pada laga melawan Persija Jakarta. Ada nama inti lain yang juga dipastikan absen.

Penjaga Gawang

Muhammad Riyandi merupakan kandidat terkuat untuk posisi di bawah mistar. Riyandi hanya kebobolan satu gol dalam dua laga awal setelah sempat menepi selama tujuh bulan karena cedera lutut.

Kehadiran Riyandi memberi kepercayaan diri berlipat pada skuat Persis Solo. Dari statistik di laman resmi PT LIB, Riyandi mencatatkan delapan penyelamatan dalam laga melawan PSIS Semarang dan RANS Nusantara FC.

Lini Belakang

Dalam laga melawan Persija, Persis Solo tak akan diperkuat Diego Bardanca. Bek asal Filipina ini terkena kartu kuning keempat musim ini saat melawan RANS Nusantara FC, Jumat (22/9/23) lalu.

Posisi Diego Bardanca kemungkinan besar bakal digantikan Sutanto Tan yang bisa bermain lagi setelah absen melawan RANS Nusantara FC. Sutanto Tan bersama Rian Miziar akan menemani Jaimerson Xavier.

Ketiga nama ini sudah sering bermain bersama, bahkan sejak Liga 1 2022-2023 lalu. Jaime perlu kerja untuk menghalau bola atas. Sementara Sutanto dan Rian akan kerja keras untuk bola bawah serta build up.

Lini Tengah

Tiga nama di belakang sejatinya turut di-cover Eky Taufik dan Faqih Maulana yang berstatus sebagai wing back. Keduanya memiliki tugas ganda karena harus seimbang antara menyerang dan bertahan.

Sementara yang mengatur bola di tengah adalah Alexis Messidoro. Kali ini, Messidoro tak akan ditemani Moussa Sidibe yang juga absen karena akumulasi kartu kuning.

Kemungkinan besar Messidoro akan ditemani salah satu nama di antara Shulton Fajar atau Taufiq Febriyanto yang bertindak sebagai gelandang bertahan.

Jika ingin menyerang total pada babak pertama, bisa juga Messidoro dipasangkan dengan Arapenta Poerba. Namun, besar kemungkinan Arapenta akan berada di belakang David Gonzalez.

Arapenta bisa berada di belakang David bersama Althaf Indie Fahrezi. Pemain berusia 20 tahun ini punya kecepatan dan kemampuan untuk melewati lawan.

Lini Depan

Namun, bisa juga Althaf Indie didorong untuk menemani David Gonzalez dalam formasi 3-5-2. Namun yang pasti, satu bomber yang dimiliki Persis Solo hanyalah David saja.

David Gonzalez diharapkan mampu menyelesaikan peluang yang didapat untuk kemudian bermain lebih bertahan dan melancarkan serangan balik.

Percaya diri David jelas bakal melesat setelah mencetak gol indah ke gawang RANS Nusantara FC. David kemungkinan besar bakal di man to man marking oleh bek Persija, Ondrej Kudela.

Berikut ini perkiraan formasi Persis Solo (3-4-2-1) saat melawan Persija Jakarta versi FOOTBALL265.COM:

Kiper: Muhammad Riyandi
Belakang: Sutanto Tan, Jaimerson Xavier, Rian Miziar
Tengah: Eky Taufik, Alexis Messidoro, Shulton Fajar, Faqih Maulana
Tengah Depan: Althaf Indie Fahrezi, Arapenta Poerba
Depan: David Gonzalez.