Liga Indonesia

Klub Liga 2 PSPS Riau Rombak Pelatih, Nama Fakhri Husaini dan Eks Arema Mencuat

Jumat, 29 September 2023 19:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Fakhri Husaini, mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 dirumorkan masuk radar klub Liga 2 PSPS Riau. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Fakhri Husaini, mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 dirumorkan masuk radar klub Liga 2 PSPS Riau.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga 2 PSPS Riau berencana merombak struktur kepelatihan, nama Fakhri Husaini dan Joko Susilo kini mencuai sebagai pengganti Jan Saragih.

Sebagaimana diketahui, kompetisi Liga 2 2023/24 sudah bergulir sejak 10 September lalu. Kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia ini menggunakan format 4 grup.

PSPS Riau tergabung di Grup A bersama enam tim asal Sumatera lainnya. Hanya saja, klub yang bermarkas di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai itu kesulitan bersaing.

PSPS Riau kalah dari Semen Padang FC (0-2) dan PSDS Deli Serdang (0-3), lalu hanya bisa bermain imbang melawan Persiraja Banda Aceh (0-0).

Praktis, PSPS Riau belum mencetak satu pun gol di tiga pekan pertama, dan hanya meraih satu poin saja. Hasil ini juga membuat Askar Bertuah tertahan di dasar klasemen Grup A.

Suporter PSPS mendesak manajemen agar merombak susunan kepelatihan, yang saat ini dipimpin oleh Jan Saragih, pelatih berpengalaman yang memiliki Lisensi A.

Manajemen sebenarnya juga menanggapi permintaan penggemar, tetapi mereka masih memberi kesempatan bagi Jan Saragih untuk memimpin laga kontra Sriwijaya FC.

Jika tidak ada perubahan jadwal, maka PSPS Riau akan bertandang ke markas Sriwijaya FC dalam laga lanjutan Liga 2 2023/24, pada 10 Oktober mendatang.

Di sisi lain, banyak permintaan dari fans agar PSPS mengambil pelatih yang sarat pengalaman dan terbukti kualitasnya, seperti Fakhri Husaini atau Joko 'Gethuk' Susilo.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @bertuahbless

Situasi Joko Susilo dan Fakhri Husaini

Melalui unggahan media sosial Instagram @bertuahbless, dua pelatih lokal dikabarkan masuk dalam radar PSPS Riau untuk lanjutan Liga 2, yakni Fakhri Husaini dan Joko Susilo.

"Dua pelatih yang mencuat namanya, yang akan menjadi pelatih PSPS Riau," tulis pemilik akun @bertuahbless sembari mengunggah foto Joko Susilo dan Fakhri Husaini.

"Kemungkinan besar melawan Sriwijaya FC akan menjadi laga terakhir Jan Saragih bersama PSPS Riau," tambahnya.

Sekadar informasi, Joko'Gethuk' Susilo saat ini berstatus tanpa klub, setelah dipecat dari Arema FC pada bulan Agustus lalu, karena tren minor yang menimpa tim Singo Edan.

Saat ini Joko Susilo menjadi Direktur Teknik Arema Football Academy. Perannya cukup penting karena kompetisi Elite Pro Academy (EPA) 2023 akan bergulir dalam waktu dekat.

Sementara Fakhri Husaini diketahui sedang menjabat sebagai Direktur Akademi Deltras Sidoarjo, setelah sebelumnya ia juga sempat menukangi klub Liga 2 Persela Lamongan.

Kala itu, Fakhri Husaini gagal membawa Persela Lamongan mencapai performa terbaik, sehingga dipecat dari klub.

Padahal, Fakhri Husaini memiliki nama besar setelah sukses membawa timnas Indonesia berprestasi, salah satunya saat timnas U-16 meraih titel juara di Piala AFF U-16 2018.

Mengingat saat ini PSPS Riau diperkuat oleh sejumlah pemain muda, maka banyak yang berharap agar Fakhri Husaini bisa meracik Askar Bertuah agar berprestasi di Liga 2.

Meski demikian, sampai saat ini belum ada tanggapan resmi dari PSPS Riau maupun Fakhri Husaini terkait rumor yang beredar.