Timnas Indonesia

Dewangga Tak Dilirik STY, Kesempatan Wahyu Prasetyo Menuju Piala Asia 2023

Kamis, 5 Oktober 2023 22:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Instagram@psisfcofficial
Pemain PSIS, Wahyu Prasetyo dijaga ketat dua pemain Borneo, Diego Michiels dan rekan setim pada laga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Jumat (28/07/23). (Foto: Instagram@psisfcofficial) Copyright: © Instagram@psisfcofficial
Pemain PSIS, Wahyu Prasetyo dijaga ketat dua pemain Borneo, Diego Michiels dan rekan setim pada laga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Jumat (28/07/23). (Foto: Instagram@psisfcofficial)

FOOTBALL265.COM - Shin Tae-yong melihat Wahyu Prasetyo sebagai potensi yang terus dikembangkan menuju Piala Asia 2023. Hulk punya kesempatan tampil bersama Timnas Indonesia ketimbang Alfeandra Dewangga yang ditepikan.

Shin Tae-yong telah merilis 25 nama untuk laga melawan Brunei Darussalam, 12 dan 17 Oktober 2023. Menariknya, tak ada sosok Alfeandra Dewangga.

Padahal, pemain asal Semarang ini sempat super sibuk ketika dipanggil tim nasional U-23 dan tim nasional senior.

Cederanya Jordi Amat juga tak membuat Shin Tae-yong memanggilnya. Justru Fachruddin Aryanto menjadi pilihan utama.

Situasi ini sejatinya bukan yang pertama. Saat Indonesia melawan Argentina dan Palestina pada Juni 2023 lalu, Dewangga juga tak masuk skuat tim nasional senior.

Dewangga justru kini tergeser dengan keberadaan Wahyu Prasetyo. Rekan setim Dewangga di PSIS Semarang ini mulai mendapat kepercayaan setelah tampil bagus melawan Turkmenistan, 8 September 2023 lalu.

Pemain yang akrab disapa Hulk itu berpotensi dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia 2023. Hulk memiliki karakteristik yang berbeda dengan Jordi Amat dan Rizky Ridho, namun sama-sama berani build up dari belakang.

Yang lebih penting, Hulk terus berprogres dari tahun ke tahun. Sejak lepas dari Liga 2, Hulk berkembang bersama PSIS di Liga 1. Kebersamaan bersama Shin Tae-yong bisa membuat Hulk semakin matang lagi.

Perkembangan ini diinginkan Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi. Kebanggaan membela Merah Putih tak hanya milik Hulk, namun juga PSIS yang mengorbitkannya ke Liga 1.

"Selamat ya, Hulk, bawa Indonesia melaju ke babak berikutnya di Kualifikasi Piala Dunia dan ambil ilmu sebanyak-banyaknya di sana," kata Yoyok Sukawi.