Liga Inggris

Perkara Euro, Erling Haaland Jadi Calon Peraih Ballon d'Or Terapes Sepanjang Sejarah

Senin, 16 Oktober 2023 13:54 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Hannah Mckay
Perkara Euro, Erling Haaland (Manchester City) dapat saja menjadi calon peraih Ballon d’Or terapes sepanjang sejarah. Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay
Perkara Euro, Erling Haaland (Manchester City) dapat saja menjadi calon peraih Ballon d’Or terapes sepanjang sejarah.

FOOTBALL265.COM – Perkara Euro 2024, Erling Haaland (Manchester City) dapat saja menjadi calon peraih Ballon d’Or terapes sepanjang sejarah.

Striker Manchester City, Erling Haaland, bisa dibilang menjadi salah satu kuat untuk meraih penghargaan bergengsi individual Ballon d’Or 2023.

Bomber berusia 23 tahun itu sudah mencetak 52 gol dalam 53 penampilan di semua ajang bersama The Citizens pada musim lalu.

Mantan striker Borussia Dortmund itu bahkan berperan membantu Manchester City meraih treble winner pada musim lalu sehingga ia difavoritkan untuk meraih Ballon d’Or 2023.

Namun, Erling Haaland sendiri kini menjadi calon peraih Ballon d’Or terapes sepanjang sejarah lantaran salah satunya perkara Euro.

Pasalnya, Norwegia kini dipastikan tidak lolos ke Euro 2024 setelah tumbang 0-1 dari Spanyol lewat gol tunggal Gavi (49’) di kualifikasi pada Senin (16/10/23) dini hari WIB.

Dengan hasil tersebut, Norwegia berada di peringkat ketiga dengan raihan 10 poin dari tujuh pertandingan, terpaut lima angka dari Spanyol dan Skotlandia yang mengumpulkan 15 angka dari enam laga.

Alhasil, satu-satunya kesempatan Norwegia lolos ke Euro 2024 adalah melalui jalur play-off Nations League yang berarti jika Lovene masih gagal, hal ini semakin membuat Erling Haaland menjadi calon peraih Ballon d’Or terapes.

Selain itu, Norwegia juga tidak lolos Piala Dunia 2022 setelah hanya menghuni peringkat ketiga di Grup G kualifikasi di bawah Belanda dan Turki.

Dengan demikian, Erling Haaland punya kesempatan bernasib, seperti George Weah dan George Best, sebagai peraih Ballon d’Or terapes.