Timnas Indonesia

Didukung PSSI, dari Liga Pelajar SMA Ini Diharapkan Lahir Calon Pemain Timnas

Selasa, 17 Oktober 2023 17:41 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Liga AYO 2023
Liga AYO 2023, sebuah kompetisi sepak bola tingkat pelajar SMA akan segera bergulir. Copyright: © Liga AYO 2023
Liga AYO 2023, sebuah kompetisi sepak bola tingkat pelajar SMA akan segera bergulir.

FOOTBALL265.COM - Berawal dari keinginan untuk mengembangkan olahraga sepak bola tanah air, sebuah kompetisi sepakbola tingkat pelajar SMA bertajuk Liga Ayo 2023 akan segera bergulir.

Kompetisi ini dijadwalkan bakal berlangsung mulai 23 Oktober sampai 16 Desember mendatang di 4 kota besar, yakni DKI Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Bogor.

Berlatar belakang kepedulian terhadap perkembangan bibit-bibit sepak bola masa depan Indonesia, Liga AYO 2023 diharapkan bisa menjadi wadah kompetisi sepak bola antar SMA di tanah air.

Tak hanya itu, diharapkan juga dari kompetisi ini bisa melahirkan dan muncul calon-calon pemain berbakat yang nantinya bisa membeka Timnas Indonesia di masa yang akan datang.

"Kompetisi ini merupakan langkah besar dalam mendukung perkembangan olahraga di Indonesia, khususnya sebagai inisiator dalam kompetisi sepakbola pelajar di Tanah Air yang mendorong lahirnya bibit-bibit pesepak bola profesional masa depan." ujar ketua panitia kompetisi, Joe Raimundus.

"Liga AYO 2023 juga merupakan perwujudan dari komitmen dan peran aktif dalam memajukan perkembangan bidang olahraga, khususnya sepak bola serta generasi muda Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, penyelenggaraan Liga AYO 2023 telah mendapat dukungan dan izin resmi dari induk sepak bola Indonesia, yakni PSSI.

Tak hanya itu, dalam penyelenggaraanya kompetisi ini akan menggunakan wasit dengan lisensi PSSI demi menjamin integritas dan profesionalisme kejuaraan.

Tak berhenti disitu, pihak pantia bahkan telah menyiapkan hadiah khusus bagi tim yang berhasil juara Liga AYO 2023 nantinya.

Selain mendapatkan hadiah uang dan piala, tim juara juga akan mendapat sesi pembimbingan khusus (coaching clinic) dari pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri. 

Liga AYO 2023 sendiri merupakan lanjutan dari konsistennya kompetisi muda yang sebelumnya sukses digelar, yaitu kompetisi sepakbola antar komunitas sejak tahun 2016 serta kompetisi antarpelajar SMA sederajat di Bogor pada 2022 lalu.