Liga 1

Prediksi Liga 1: Bali United vs Persebaya, H2H, Jadwal, Live Streaming

Kamis, 19 Oktober 2023 08:43 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya, Josep Gombau menjelaskan alasan kepada Paulo Victor tidak menjadi eksekutor penalti Persebaya pada pekan ke-15 laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, (07/10/23). (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya, Josep Gombau menjelaskan alasan kepada Paulo Victor tidak menjadi eksekutor penalti Persebaya pada pekan ke-15 laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, (07/10/23). (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Pertandingan pekan ke-16 Liga 1 Indonesia 2023/24 antara Bali United vs Persebaya Surabaya, Jumat (20/10/23), diprediksi berjalan ketat. Gaya ngotot Bajul Ijo kerap menyulitkan tuan rumah dalam mengembangkan permainan.

Bali United sangat dominan dalam tiga pertemuan terakhir. Mereka menorehkan dua kemenangan di Liga 1 dan satu kemenangan di Piala Presiden dengan mencetak enam gol dan tanpa kebobolan.

Namun, catatan itu sama sekali tak bisa dijadikan patokan. Persebaya toh pernah sangat dominan dengan dua kemenangan di musim 2021/22.

Sehingga, laga ini sangat sulit diprediksi tim mana yang bakal unggul telak. Bali United juga pernah kalah dua kali dan imbang sekali dalam delapan laga kandang di Liga 1. 

Sementara dalam tujuh laga tandang, Persebaya Surabaya hanya kalah tiga kali. Partai lain berakhir dengan dua kemenangan dan dua seri. Mereka mencetak enam gol dan kebobolan 10 gol.

Pertarungan kreativitas bakal tersaji di lini tengah. Eber Bessa bakal menjadi penentu dalam setiap serangan Bali United. Ia bisa mengirimkan umpan matang kepada Privat Mbarga, Jefferson, atau Ilija Spasojevic.

Sementara itu, kubu Persebaya punya gelandang kreatif asal Portugal, Ze Valente, yang akan melayani tiga penyerang berkaki cepat, Paulo Victor, Bruno Moreira, dan Sho Yamamoto. 

Hanya yang menjadi masalah adalah level kebugaran di sektor belakang. Bek asal Thailand, Elias Dolah, diragukan tampil 90 menit karena baru saja membela negaranya dalam pertandingan di Eropa. 

Di kubu Persebaya ada kiper muda Ernando Ari Sutaryadi. Sosok super sibuk ini baru saja pulang membela timnas Indonesia dalam dua laga melawan Brunei Darussalam. 

Konsentrasi dalam menjalankan strategi bakal jadi penentu hasil akhir dari laga berimbang ini. Bali United punya keuntungan mengingat ribuan suporternya bakal memadati Stadion Kapten I Wayan Dipta. 

Prakiraan Pemain:

Bali United (4-2-3-1): Adilson Maringa; Novri Setiawan, Haudi Abdillah, Kadek Arel Priyatna, Ardi Idrus; Ricky Fajrin, Mohammed Rashid; Privat Mbarga, Eber Bessa, Irfan Jaya; Jefferson Assis

Persebaya Surabaya (4-2-3-1): Ernando Ari Sutaryadi; Ridwan Lauhim, Kadek Raditya Maheswara, Dusan Stefanovic, Reva Adi Utama; Sing Ui-young, Andre Oktaviansyah; Sho Yamamoto, Ze Valente, Bruno Moreira; Paulo Victor

Player to Watch

Eber Bessa (Bali United)

Eber Bessa perlahan mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya. Dia lebih cepat mendistribusikan bola dan lebih akurat dalam mengumpan serta melepaskan tendangan.

Gol indah ke gawang Bhayangkara FC mengindikasikan Eber Bessa siap menggila lagi. Peningkatan performanya berpotensi mengatrol kinerja lini tengah Serdadu Tridatu.

Tugas berikutnya sudah menanti Eber Bessa. Persebaya juga dikenal memiliki lini tengah yang kuat lewat Song Ui-young dan Ze Valente. Eber harus menggila untuk membawa timnya menang lagi.

Bruno Moreira (Persebaya Surabaya)

Keputusan tepat bagi Bruno Moreira meninggalkan Yunani dan berkarier lagi di Indonesia. Bruno tanpa kesulitan kembali menjadi andalan tim Persebaya Surabaya lagi.

Catatan delapan gol dari 14 penampilan cukup menggambarkan level dari Bruno Moreira. Maka, Persebaya boleh berharap lebih kepadanya ketika menantang Bali United.

Bruno Moreira yang menyisir sektor kini bakal sering berduel dengan Novri Setiawan dan Privat Mbarga. Kecerdikannya bakal menjadi penentu ketajaman serangan tim Bajul Ijo.

Head to Head

(18/2/23) - Bali United 4-0 Persebaya Surabaya (Liga 1)
(2/9/22) - Persebaya Surabaya 0-1 Bali United (Liga 1)
(20/6/22) - Bali United 1-0 Persebaya Surabaya (Piala Presiden)
(5/3/22) - Bali United 0-3 Persebaya Surabaya (Liga 1)
(5/1/22) - Persebaya Surabaya 3-1 Bali United (Liga 1)

5 Laga Terakhir Bali United

(8/10/23) - Bhayangkara FC 1-2 Bali United (Liga 1)
(4/10/23) - Bali United 1-1 Terengganu FC (Piala AFC)
(29/9/23) - Bali United 2-0 Persikabo 1973 (Liga 1)
(24/9/23) - Persija Jakarta 1-1 Bali United (Liga 1)
(20/9/23) - Stallion Laguna FC 2-5 Bali United (Piala AFC)

5 Laga Terakhir Persebaya Surabaya

(7/10/23) - Persebaya Surabaya 2-3 Persib Bandung (Liga 1)
(30/9/23) - Dewa United 1-1 Persebaya Surabaya (Liga 1)
(23/9/23) - Persebaya Surabaya 3-1 Arema FC (Liga 1)
(17/9/23) - Madura United 3-0 Persebaya Surabaya (Liga 1)
(3/9/23) - Persebaya Surabaya 2-1 Borneo FC (Liga 1)

Prediksi INDOSPORT

Bali United: 35%
Imbang: 30%
Persebaya: 35%

Laga pekan ke-16 Liga 1 2023/24 antara Bali United vs Persebaya Surabaya akan disiarkan secara langsung oleh Indosiar. Sobat INDOSPORT juga bisa menyaksikan via live streaming di Vidio.com.