In-depth

Shayne Pattynama dan Peran Besarnya di Misi Akhiri 32 Tahun Puasa Gelar Viking FK

Kamis, 19 Oktober 2023 06:46 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Jadwal timnas Indonesia di jeda internasional Oktober 2023 telah rampung dan saatnya Shayne Pattynama pulang ke Norwegia. Kembali ke pangkuan Viking FK. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Jadwal timnas Indonesia di jeda internasional Oktober 2023 telah rampung dan saatnya Shayne Pattynama pulang ke Norwegia. Kembali ke pangkuan Viking FK. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Jadwal timnas Indonesia di jeda internasional Oktober 2023 telah rampung dan saatnya Shayne Pattynama pulang ke Norwegia. Kembali ke pangkuan Viking FK.

Setelah membawa negaranya menuju putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, sang bek kiri punya misi yang tidak kalah penting yakni mengantarkan klubnya menyudahi kutukan selama 32 tahun.

Viking adalah salah satu klub terbesar di Norwegia dengan delapan gelar juara kasta teratas plus dua kali menjadi runner-up dan sembilan kali finis di posisi tiga.

Hanya Rosenborg (26) dan Fredkrikstard (9) yang punya titel liga lebih banyak dari mereka.

Molde yang baru punya lima sedangkan Bodo/Glimt yang mendominasi dalam tiga musim terakhir baru punya dua.

Hanya saja Viking sudah puasa gelar tersebut selama lebih dari tiga dekade. Kali terakhir mereka menjadi kesebelasan terbaik di Norwegia adalah di musim 1991 silam saat kompetisi belum berganti dari Tippeligaen menjadi Eliteserien.

Sebuah penantian yang sangat panjang memang namun Pattynama dan rekan-rekannya bisa menyudahinya dalam waktu dekat.

Saat ini Viking FK berada di posisi kedua klasemen sementara Liga Norwegia 2023 dengan kumpulan 52 poin dari 24 laga.

Hanya dua angka saja tertinggal di belakang Bodo/Glimt dengan enam partai tersisa.

Semuanya berkat permainan terbuka yang diterapkan oleh Bjarte Lunder Aarsheim selaku manajer. Ia menyulap Shayne Pattynama cs menjadi mesin gol buas nan efektif.