In-depth

Bedah Kualitas Irak, Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala Dunia: Raksasa Asia Rasa Eropa

Jumat, 27 Oktober 2023 15:06 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© twitter.com/IraqNT_EN
Selebrasi Para Pemain Timnas Irak Copyright: © twitter.com/IraqNT_EN
Selebrasi Para Pemain Timnas Irak

FOOTBALL265.COM – Intip kualitas serta kekuatan Irak yang jadi calon lawan Timnas Indonesia pada putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan November mendatang.

Timnas Indonesia sendiri berhasil memastikan diri lolos ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 usai mengalahkan Brunei Darussalam dalam dua leg pertemuan.

Tak tanggung-tanggung, Timnas Indonesia mampu menang telak dengan aggregate mencapai 12-0 saat bertemu Brunei.

Pada putaran kedua nanti, Timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama Irak serta dua wakil dari ASEAN, Vietnam dan Filipina.

Jika melihat dari peta kekuatan saat ini, jelas Timnas Irak akan jadi lawan terberat skuat Garuda untuk amankan kemenangan.

Terbukti dari lima pertemuan terakhir melawan Irak, tak sekalipun Timnas Indonesia berhasil menang bahkan tim Merah Putih harus telan lima kekalahan beruntun.

Tak cuma sulit menang, Timnas Indonesia juga kerap gagal menjebol gawang Irak. Tercatat terakhir kali Timnas Indonesia bisa mencetak gol lawan Irak terjadi pada tahun 1973 silam.

Berkaca dari statistik tersebut, Timnas Indonesia wajib meningkatkan kualitas mereka demi akhiri tren buruk kontra sang wakil Timur Tengah.

Berbicara soal Irak, sejatinya kekuatan sepak bola dari skuat berjuluk Lions of Mesopotamia ini sedang berusaha untuk beranjak naik.

Setelah sempat melorot ke urutan 91 FIFA tahun 2018 lalu, perlahan Irak mulai bangkit dan kini bertengger di peringkat 69.

Timnas Irak pun tak lagi mengandalkan pemain lokal, melainkan cukup banyak memakai jasa bintang keturunan serta naturalisasi demi ambisis mereka rajai panggung Asia.