Liga 1

Barito Putera 'Kehabisan Bensin' di Paruh Musim Liga 1, Rahmad Darmawan Putar Otak

Sabtu, 28 Oktober 2023 16:26 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Barito Putera seolah kehabisan bensin di paruh musim kompetisi BRI Liga 1 2023/2024, membuat pelatih Rahmad Darmawan putar otak merombak pemainnya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Barito Putera seolah kehabisan bensin di paruh musim kompetisi BRI Liga 1 2023/2024, membuat pelatih Rahmad Darmawan putar otak merombak pemainnya.

FOOTBALL265.COM - Barito Putera seolah kehabisan bensin di paruh musim kompetisi BRI Liga 1 2023/2024, membuat pelatih Rahmad Darmawan putar otak merombak pemainnya.

Setelah sempat mendominasi di papan atas, Barito Putera belum pernah menang dalam enam laga terakhir. Laskar Antasari 2 kali kalah,dan 4 laga terkini berakhir seri.

Pada laga pekan terakhir, Barito Putera gagal memetik poin penuh saat menjamu Persikabo 1973 di Stadion Demang Lehman Martapura, Jumat (27/10/23) malam. Skor akhir 1-1.

Gol Barito dilesakkan oleh gelandang asing Filipina, Mike Ott pada menit ke-30 melalui sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti.

Sementara gol balasan Persikabo 1973 ditorehkan Roni Sugeng pada menit ke-75. Hingga menit akhir, belum ada tambahan gol yang tercipta.

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan menyesali timnya gagal meraih tiga poin di kandang, dan gagal melesat ke papan atas klasemen paruh musim Liga 1.

"Barito sudah berusaha keras memetik tiga poin, namun pemain mengalami mengalami masalah pada penyelesaian akhir," ungkap Rahmad Darmawan selepas pertandingan.

Rahmad Darmawan menuturkan bahwa para pemainnya menguasai jalannya pertandingan. Namun, tim tamu bermain cukup tenang dan menggagalkan peluang demi peluang.

Hal itu menjadi bahan evaluasi pelatih, termasuk evaluasi untuk menentukan siapa saja pemain yang dipertahankan dan siapa pemain yang dilepas pada bursa transfer nanti.

"Saya perlu mengevaluasi soal penyelesaian akhir bola, dan fokus dengan pertandingan selanjutnya," tambah pemain yang akrab disapa Coach RD tersebut.

Pelatih Rahmad Darmawan mengungkapkan meskipun Barito Putera hanya bisa memetik satu poin di kandang, anak asuhnya sudah berupaya tampil maksimal sepanjang laga.

Terbukti, ada lebih dari 10 peluang yang diperoleh tim berjuluk Laskar Antasari itu. Hanya saja penyelesaian akhir masih buruk, sehingga tiga poin di depan mata pun lenyap.

Pada menit ke-18, Murilo Mendes mendapat peluang di depan mulut gawang Persikabo, tetapi sontekan hasil dari umpan sayap kiri masih gagal dimanfaatkan menjadi sebuah gol.

Menit berikutnya, giliran Gustavo Tocantins mendapatkan peluang di area kotak penalti tim tamu, tetapi Barito Putera tetap belum mampu memecah kebuntuan.

Memasuki menit ke-27, tim tuan rumah Barito Putera kembali mendapat peluang usai terjadi kemelut di area 12 pas Persikabo, tapi lagi-lagi tim tamu selamat dari serangan Gustavo Cs.

Barito tampil menekan dengan menciptakan banyak peluang, tetapi tim tamu tetap tampil tenang menghalau berbagai serangan Barito.

Hasil pertandingan membawa Barito Putera naik satu tingkat ke posisi 7 klasemen Liga 1 dengan mengoleksi 24 poin dari total 17 laga, 6 kali menang, 6 kali imbang, dan 5 kali kalah.

Sedangkan Persikabo 1973 tetap di posisi ke-17 alias juru kunci, mengoleksi 11 poin dari total 17 laga. Tim hanya 2 kali menang, 5 kali imbang, dan 10 kali mengalami kekalahan.

Salah satu pemain Barito Putera, Buyung Ismu mengaku tetap bersyukur meski timnya hanya memetik satu poin. Hal ini akan jadi bahan evaluasi jelang paruh kedua Liga 1.

"Kami coba evaluasi hasil pertandingan ini pada sesi latihan nanti, kami akan berusaha menang di partai selanjutnya," pungkas Buyung.