Timnas Indonesia

Bukan Diaspora, Bima Sakti Tambah Kekuatan Timnas U-17 dengan Pemain Persikabo

Sabtu, 28 Oktober 2023 16:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Instagram @syamsulrifa10
Muhammad Syamsul Rifai, pemain Persikabo 1973 yang mengikuti TC Timnas Indonesia U-17 di Jerman (Foto IG @syamsulrifa10) Copyright: © Instagram @syamsulrifa10
Muhammad Syamsul Rifai, pemain Persikabo 1973 yang mengikuti TC Timnas Indonesia U-17 di Jerman (Foto IG @syamsulrifa10)

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-17 ketambahan satu pemain baru jelang kick off Piala Dunia U-17 2023, yakni Muhammad Syamsul Rifai, pemain Persikabo 1973.

Beberapa waktu lalu, pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti menuai kontroversi usai mencoret mayoritas pemain diaspora yang menimba ilmu sepak bola di luar negeri.

Dari sekian banyak pemain diaspora yang dipanggil seleksi, hanya tersisa Wilberlieskott de Halim Jardim asal Brasil yang bertahan di skuat yang menjalani TC di Jerman.

Padahal, perhelatan Piala Dunia U-17 sudah di depan mata. Ajang prestisius ini akan dihelat mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

Bima Sakti kemudian memanggil dua pemain diaspora tambahan, yakni Amar Rayhan Brkic dan Chow Yun Damanik dalam pemusatan latihan di Jerman.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menilai kehadiran pemain diaspora menambah kekuatan Timnas U-17. Namun, ia sedang mengupayakan berkas Chow-yun Damanik.

"Alhamdulillah kan kemarin saya lihat yang namanya, siapapun yang mau membangun Merah Putih, apakah diaspora, atau yang lahir di Indonesia, adalah suatu kebanggaan," kata Erick Thohir.

"Kemarin sudah ada Welber dan juga ada satu pemain lagi dari Jerman, Hoffenheim, Amar, sepertinya dia masuk skuad dan tim."

"Untuk Chow Yun Damanik, sedang kami usahakan," kata Erick Thohir saat ditemui awak media di Gelora Bung Karno, Kamis (26/10/23).

Tak sampai di sana, Bima Sakti rupanya juga menambah satu pemain lokal untuk lengkapi kekuatan Garuda Muda, yakni Muhammad Syamsul Rifai, pemain muda Persikabo 1973.