In-depth

Berani DM Sendiri Erick Thohir untuk Naturalisasi ke Timnas Indonesia, Sejago Apa Sih Delano Ladan?

Sabtu, 28 Oktober 2023 20:46 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Instagram@delano_ladan
Delano Ladan membuat gempar ketika ia 'tertangkap' memohon pada ketua umum PSSI, Erick Thohir, untuk membaca direct message (DM) di unggahan sang pejabat. (Foto: Instagram@delano_ladan) Copyright: © Instagram@delano_ladan
Delano Ladan membuat gempar ketika ia 'tertangkap' memohon pada ketua umum PSSI, Erick Thohir, untuk membaca direct message (DM) di unggahan sang pejabat. (Foto: Instagram@delano_ladan)

FOOTBALL265.COM - Delano Ladan membuat gempar ketika ia 'tertangkap' memohon pada ketua umum PSSI, Erick Thohir, untuk membaca direct message (DM) di unggahan sang pejabat.

Belum diketahui secara pasti apa maksud dari pemain Belanda tersebut namun kemungkinan besar ada sangkut pautnya dengan program naturalisasi untuk timnas Indonesia.

Ya, Ladan memang punya darah keturunan Indonesia dari salah satu kakeknya yang berasal dari Jawa.

Hal tersebut ia bocorkan sendiri pada Football Talentnesia pada medio 2022 silam dimana pemain berposisi penyerang tengah itu juga sekaligus menyatakan minatnya untuk membela skuad kebangsaan Indonesia.

Jika benar akan dinaturalisasi, maka Ladan akan jadi sosok yang berbeda karena kebanyakan pemain keturunan yang belakangan ini ditarik PSSI berposisi sebagai pemain bertahan.

Sebut saja Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, dan Elkan Baggott. Bahkan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On yang saat ini tengah diproses pun posisi mereka tidak jauh-jauh dari bek tengah maupun gelandang bertahan.

Memang masih ada Rafael Struick yang beberapa kali dipasang sebagai 'nomor 9' baik di timnas Indonesia senior maupun kelompok usia namun sejatinya ia adalah seorang penyerang sayap.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Delano Ladan (@delano_ladan)

Di ADO Den Haag yang merupakan klubnya saat ini, winger kiri adalah posisi dimana Struick lebih banyak dipasang.

Maka dari itu Delano Ladan bisa memberikan warna baru bagi timnas Indonesia andai dinaturalisasi nanti. Ia bisa menjadi pesaing untuk Dimas Drajad, Hokky Caraka, dan Ramadhan Sananta agar tidak merasa jika posisi mereka akan di Skuad Garuda.

Namun seperti apa sebenarnya kualitas dari Ladan? Apakah memang layak Erick Thohir dan PSSI mendengarkan proposalnya?. Berikut ulasannya.