Liga 1

Persis Solo Disinyalir Pertahankan Semua Pemain Asing di Putaran 2 Liga 1

Senin, 30 Oktober 2023 15:24 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Persis Solo disinyalir akan mempertahankan semua pemain asing menuju putaran kedua Liga 1 2023-2024. 
(Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Persis Solo disinyalir akan mempertahankan semua pemain asing menuju putaran kedua Liga 1 2023-2024. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Persis Solo disinyalir akan mempertahankan semua pemain asing menuju putaran kedua Liga 1 2023-2024. Laskar Sambernyawa kemungkinan hanya akan menambah stok pemain lokal.

Persis Solo mengakhiri putaran pertama di peringkat ke-10 dengan 23 poin. Catatan ini lebih bagus dari musim lalu ketika mengakhiri putaran pertama di peringkat ke-12 dengan 19 poin.

Sebanyak 26 gol yang dicetak Persis Solo pada putaran pertama juga dicetak banyak pemain. Total ada 10 nama yang berkontribusi atas gol pada putaran pertama.

Lima pemain asing mengambil peran. Fernando Rodriguez menjadi top skor dengan enam gol. Kemudian David Gonzalez dan Alexis Messidoro mencetak tiga gol. 

Moussa Sidibe menyusul dengan dua gol dan Diego Bardanca mencetak satu gol. Messidoro turut memberi kontribusi lain dengan catatan tujuh assist.

Sementara dari sosok lokal ada Ramadhan Sananta yang melesat dengan lima gol. Di belakang Sananta ada Eky Taufik dan Althaf Indie dengan dua gol, serta Arapenta Poerba dan Sutanto Tan dengan satu gol.

Catatan ini diyakini membuat Persis Solo puas. Apalagi Persis Solo hanya tertinggal satu gol dari Barito Putera yang ada di peringkat ketujuh.

Kemungkinan besar bursa transfer hanya dimanfaatkan untuk menambah pemain lokal, meski ada rumor bahwa posisi David Gonzalez sedang terancam.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, mengaku sudah berbincang dengan manajemen terkait rencana pada putaran kedua. Ia ingin menambah kedalaman skuad menjadi lebih bagus.

"Saya tidak akan mengubah banyak dari tim karena itu akan membuat kita menjalani proses yang panjang lagi untuk membangun tim," kata Leo Medina.

"Kami akan melakukan improvement tentang beberapa aspek dan sekarang saya sedang menunggu respons dari manajemen terkait rencana yang sudah saya canangkan," lanjut Leo Medina.

Adaptasi Pemain Asing

Terkait performa para pemain asing, terutama pendatang baru di Indonesia, seperti Moussa Sidibe, David Gonzalez dan Diego Bardanca, Leo Medina menilai ketiganya terus berproses.

Bardanca yang sempat dikritik pedas para suporter sudah menunjukkan performanya. Begitu pula dengan Moussa yang mencatatkan assist penting dalam laga melawan Bhayangkara FC.

"Saya pikir Moussa, Roni dan Bardanca sudah beradaptasi lebih bagus. Mereka masih di dalam proses, masih harus belajar, adaptasi dengan game model kita. Tapi mereka punya sikap yang lebih bagus, profesionalisme untuk klub, respek dengan klub dan merasa menjadi bagian dari Persis," ungkap Leo Medina.

Persis Solo kemungkinan memiliki waktu yang lebih panjang untuk bersiap menuju putaran kedua Liga 1 2023-2024.

Ada kabar bahwa laga pekan ke-18 Liga 1 2023-2024 melawan Persebaya Surabaya mengalami perubahan jadwal. Persebaya tidak bisa menggunakan Gelora Bung Tomo (GBT) dan Persis Solo juga tak bisa memakai Stadion Manahan Solo untuk Piala Dunia U-17 2023.

Sumber FOOTBALL265.COM menyebut Gelora Joko Samudro yang menjadi opsi terbaru tak bisa disewa pada Kamis (02/11/23) mendatang.

Persis Solo sebagai tim tamu kini menunggu status pertandingan secara resmi dari Persebaya selaku tuan rumah serta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 2023-2024.