Liga 1

Masa Depan Josep Gombau di Persebaya Tak Jelas, Yahya Alkatiri: Tunggu Pengumuman 1-2 Hari

Kamis, 2 November 2023 06:28 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Persebaya Surabaya telah resmi mengganti posisi pelatih dari Josep Gombau ke Uston Nawawi menjelang berakhirnya putaran pertama Liga 1 2023/2024. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Persebaya Surabaya telah resmi mengganti posisi pelatih dari Josep Gombau ke Uston Nawawi menjelang berakhirnya putaran pertama Liga 1 2023/2024.

FOOTBALL265.COM - Persebaya Surabaya telah resmi mengganti posisi pelatih dari Josep Gombau ke Uston Nawawi menjelang berakhirnya putaran pertama Liga 1 2023/2024.

Keputusan ini dibuat manajemen karena menurut mereka Josep Gombau tidak mampu memenuhi target. Pelatih asal Spanyol ini belum mampu memetik kemenangan dari empat laga yang sudah dilalui Persebaya Surabaya.

Puncaknya klub berjuluk Bajul Ijo ini kalah telak 0-4 melawan Persik Kediri di Stadion Brawijaya pekan lalu. Dengan hasil minor ini manajemen memutuskan mengganti Josep Gombau dengan Uston Nawawi.

Nah dengan status ini bagaimana posisi Josep Gombau ke depan selama di Persebaya Surabaya? Disinggung mengenai hal ini manajer Yahya Alkatiri memilih untuk menunggu pengumuman resmi.

“Nanti akan diumumkan sekitar 1-2 hari ini,” singkatnya pada Rabu (1/11/23) pagi.

Kemudian ditanya mengenai berapa lama Uston Nawawi memimpin Persebaya sebagai pelatih, Yahya kembali tidak membeberkan jawaban yang jelas.

“Nanti kita lihat, yang jelas kita mencari yang terbaiklah untuk Persebaya,” ungkap mantan manajer Persik Kediri ini.

Jawaban yang sama juga dilontarkan Yahya Alkatiri ketika disinggung mengenai delapan nama pemain Persebaya yang terdepak.

Dia menjelaskan semua pertanyaan-pertanyaan itu bakal segera diketahui nanti melalui pengumuman resmi klub.

Usai ditunjuk sebagai pelatih sementara oleh manajemen Persebaya Surabaya, Uston Nawawi langsung fokus membenahi mental tim.

Menurutnya pekerjaan rumah ini tidak mudah, terlebih setelah mereka terbantai dari Persik Kediri 0-4.

“Saya tekankan ke seluruh pemain, harus memiliki semangat juang tinggi karena kita bermain di dalam tim besar,” beber Uston.

“Bermain di dalam tim besar seperti Persebaya mempunyai ekspetasi cukup tinggi. Semua menyadari itu,” lanjutnya.

Keputusan manajemen Persebaya menunjuk Uston Nawawi bukan tanpa alasan. Pelatih asal Sukodono, Sidoarjo ini berhasil mengantarkan Bajul Ijo ke tren positif.

Ya, setelah Persebaya berpisah dengan Aji Santoso tampuk kepemimpinan berada di Uston Nawawi. Berkat tangan dinginnya, dia mampu mencatatkan empat kemenangan dan satu seri untuk Persebaya Surabaya.

Maka dari itu tak heran Persebaya kembali menunjuknya sebagai pelatih sementara, hingga menemukan pelatih kepala baru.