Liga 1

3 Alasan Kuat Persis Solo Tak Akan Melepas Striker Spanyol Fernando Rodriguez

Jumat, 3 November 2023 17:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Persis Solo
Persis Solo dalam tekanan untuk melepas Fernando Rodriguez dan mendatangkan penyerang baru di putaran kedua Liga 1. Copyright: © Persis Solo
Persis Solo dalam tekanan untuk melepas Fernando Rodriguez dan mendatangkan penyerang baru di putaran kedua Liga 1.

FOOTBALL265.COM - Persis Solo dalam tekanan untuk melepas Fernando Rodriguez dan mendatangkan penyerang baru. Namun, ada tiga alasan kuat yang membuat Laskar Sambernyawa bakal mempertahankan Fernando pada putaran kedua Liga 1 2023-2024.

Nando, sapaan akrabnya, kerap menjadi sasaran kritik ketika Persis Solo gagal meraih kemenangan. Nando dianggap terlalu banyak berlari namun sering gagal memanfaatkan peluang emas.

Maka, ada desakan dari sejumlah suporter Persis Solo yang menyuarakan pergantian striker di media sosial. Apalagi bomber asal Spanyol itu sudah berusia 36 tahun atau dianggap terlalu tua untuk level Liga 1.

Penyerang baru menghadirkan harapan baru dalam memburu tiket lolos ke babak empat besar. Pada putaran pertama ini, Persis Solo hanya mampu menduduki peringkat ke-10 dengan 23 poin.

Namun, ada tiga hal yang kemungkinan besar membuat Persis Solo berat untuk melepas Fernando Rodriguez. Trio Fernando, David Gonzalez dan Ramadhan Sananta sangat mungkin tetap menjadi opsi pada putaran kedua Liga 1 2023-2024. Simak ulasan berikut ini!

1. Cetak Enam Gol

Di tengah kritikan yang terus mengalir, Fernando Rodriguez merupakan top skor sementara tim Persis Solo. Torehan gol ke gawang Bhayangkara FC membuat Fernando sudah mencetak enam gol dari 14 penampilan.

Fernando lebih tajam dari Ramadhan Sananta yang mencetak lima gol dari 13 penampilan serta David Gonzalez dengan tiga gol dari 16 penampilan.

Fernando juga turut berkontribusi atas satu assist pada laga melawan Bhayangkara FC. Saat ini, Fernando menghuni peringkat ke-14 dalam daftar pencetak gol sementara di Liga 1 2023-2024.

"Menjadi tombak (gol) terakhir? hahaha lebih banyak lagi yang akan datang. Di sini atau dimanapun. Nikmati hidup dan momen. Berpikir terlalu banyak bukanlah cara yang baik," tulis Fernando dalam postingan instagram setelah mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC.

Total saat ini Persis Solo sudah mencetak 26 gol. Persis Solo menduduki peringkat enam sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol.

2. Resiko Ganti Pemain

Persis Solo sangat jarang mendatangkan pemain penting di pertengahan musim Liga 1 2023-2024. Hal ini kemungkinan masih akan berlanjut pada musim ini.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, sudah menegaskan tak ingin mengganti terlalu banyak pemain karena terlalu berisiko. Apalagi kompetisi di beberapa negara juga masih berjalan dan stok penyerang asing berkualitas sangat terbatas.

Maka, pergantian pemain asing pada pertengahan musim sangat berisiko. Pemain yang baru didatangkan ke Indonesia belum tentu langsung tampil lebih baik dari Fernando Rodriguez.

Sementara jika ingin meminjam atau menebus kontrak pemain asing dari klub lain, Persis Solo harus mengeluarkan dana yang cukup besar.

"Saya tidak akan mengubah banyak dari tim karena akan mengalami proses yang panjang lagi untuk membangun tim. Kami akan melakukan improvement tentang beberapa aspek dan menunggu respons dari manajemen terkait rencana yang sudah saya canangkan," ungkap Leo Medina belum lama ini.

3. Penambahan Tengah dan Belakang

Salah satu hal yang perlu dievaluasi Persis Solo adalah sistem bertahan yang tak bagus pada putaran pertama Liga 1 2023-2024. Ketika sektor penyerangan sukses mencetak 26 gol, Persis Solo juga kemasukan 26 gol.

Jumlah kemasukan gol Persis Solo menjadi yang terburuk kedua di antara penghuni sepuluh besar, setelah Persik Kediri dengan 28 gol.

Maka, ada kemungkinan Persis Solo hanya akan menambah pemain di pos gelandang bertahan atau pemain belakang. Taufik Febriyanto dan Kanu Helmiawan masih cedera, sementara Gavin Kwan Adsit baru sembuh dari cedera.

Jika memang satu penyerang asing harus dikorbankan, David Gonzalez menjadi yang paling mungkin diganti. David tampil jelek saat Persis Solo menang atas Bhayangkara FC, dengan beberapa kali membuang peluang.

David Gonzalez pun sudah diganti pada awal babak pertama. Posisi pemain yang akrab disapa Roni itu digantikan Ramadhan Sananta.