In-depth

3 Hal Menarik Yang Tercatat Usai Kemenangan Tipis Arema FC Atas Dewa United

Jumat, 3 November 2023 02:39 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© MO Arema FC
Pemain Arema FC Gustavo saat berebut bola dengan pemain Dewa United Dimitrios Kolovos pada laga pekan ke-18 Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Kamis (02/11/23). (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Pemain Arema FC Gustavo saat berebut bola dengan pemain Dewa United Dimitrios Kolovos pada laga pekan ke-18 Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Kamis (02/11/23). (Foto: MO Arema FC)

FOOTBALL265.COM - Arema FC akhirnya berhasil mewujudkan target poin penuh saat menjamu Dewa United, saat mengawali putaran kedua pada pekan ke-18 Liga 1 2023/2024.

Tim berjulukan Singo Edan meraih 3 poin penting berkat kemenangan dengan skor 2-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Kamis (2/11/23).

Hasil yang jelas sangat ditunggu oleh Arema FC, seiring keinginan kuat untuk lolos dari zona degradasi. Meski posisi mereka masih di urutan 16, namun peluang semakin terbuka.

"Kemenangan ini saya dedikasikan untuk semua pemain yang telah menjalankan komitmen bersama," ucap Pelatih Arema FC, Fernando Valente dalam post-match press conferrence.

Kemenangan ini tak hanya berujung 3 poin untuk Arema FC. Setidaknya, ada 3 hal menarik yang wajib diingat pasca duel menghadapi Dewa United.

Kartu Merah Dan Penalti

Dua hal ini menjadi faktor penentu atas kemenangan yang diraih Arema FC. Keunggulan jumlah pemain jelas membuat Arema FC lebih mendominasi permainan.

Dewa United mesti bermain dengan 10 pemain setelah Ahmad Rusadi mendapat kartu kuning kedua menit 39. Ganjaran serupa juga dialami Egy Maulana VIkri menit 90.

Sementara drama penalti terjadi 2 kali untuk masing-masing tim. Gustavo Almeida membuka keunggulan Arema FC menit 57 yang disusul lesakan Alex Martins menit 70.

Bagi Gustavo, gol ke gawang Dewa United jadi penalti ke-7 dari 13 golnya. Sedangkan Alex Martins mencatat penalti ke-2 dari 12 golnya di Liga 1 musim ini.

"Mencetak gol penalti tidak datang dari langit. Kartu merah karena permainan keras juga ikut memberi kami keberuntungan (meraih 3 poin)," papar Fernando Valente.

Pangkas Jarak

Kemenangan Arema FC atas Dewa United langsung memangkas jarak poin dan membuka peluang untuk segera beranjak dari zona degradasi.

Tim Singo Edan berada di urutan 16 klasemen dengan 17 poin, terpaut 1 angka saja dari Persita Tangerang yang masih akan bertemu Barito Putera (4/11/23).

"Kemenangan atas Dewa United memang tidak cukup untuk membawa kami lolos degradasi. Tapi kami yakin bisa melakukannya, entah kapan waktunya," tutur Valente.

Gol Dedik Setiawan

Sementara gol penentu kemenangan Arema FC kali ini diciptakan Dedik Setiawan pada menit 67. Go, itu terjadi dengan proses indah melalui jarak cukup jauh diluar penalti.

Gol ke gawang Dewa United juga mengakhiri puasa gol Dedik dalam 5 laga terakhir. Kini, eks striker timnas di Piala AFF 2020 itu mencatat 3 gol dan 1 assist di Liga 1.

"Pertandingan yang sulit, tapi bersyukur bisa kami menangkan. (Tentang gol indah itu) saya hanya berusaha maksimalkan peluang," ungkap Dedik.

Hujan Kartu

Terjadi hujan kartu dalam duel Arema FC kontra Dewa United. Nendi Rohaendi selaku wasit mengeluarkan total 11 kartu kuning dan 2 kartu merah untuk pemain Dewa United.

Namun, hujan kartu paling deras dicatat Arema FC saat mengalahkan PSS Sleman 2-1 (30/09/23). Wasit Bangkit Sanjaya mengeluarkan 13 kartu kuning dan 1 kartu merah untuk pemain PSS.