Liga 1

Rekap Bursa Transfer Putaran ke-2 Liga 1: Persebaya Cuci Gudang, PSM Rekrut 3 Pemain Baru

Jumat, 3 November 2023 00:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Ze Valente bersama pemain Persebaya lain merayakan gol ketiga yang dicetak pada awal menit babak kedua dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Ze Valente bersama pemain Persebaya lain merayakan gol ketiga yang dicetak pada awal menit babak kedua dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Bursa transfer putaran kedua Liga 1 2023/24 sudah resmi dibuka sejak 1 November lalu dan akan ditutup 28 November mendatang. Beberapa klub sudah bergerilya mendatangkan pemain baru.

Persebaya Surabaya jadi tim yang ‘heboh’ begitu putaran kedua Liga 1 akan dimulai. Bukan karena mendatangkan pemain baru, tapi melepas cukup banyak pemain.

Tercatat sudah lima pemain yang cabut dan secara resmi diumumkan manajemen. Mereka adalaha Risky Dwiyan (Persiba Balikpapan), Alwi Slamat (Malut FC), Denny Agus (Deltras), Ferdinand Sinaga (Persiraja) dan Widi Syarief (Persekat Tegal).

Beberapa nama lain juga dirumorkan akan hengkang seperti Ze Valente, Paulo Victor, Yohanis Kandaimu, Salman Alfarid, Brylian Aldama dan George Brown. Hanya saja, hal itu belum dikonfirmasi.

Berikutnya, PSM Makassar yang bergerak amankan tiga pemain baru yang terdiri dari satu lokal dan dua asing (satu Adia Tenggara). Mereka adalah Victor Mansaray, Ifan Nanda dan Joao Pedro.

Juku Eja secara resmi juga melepas dua pemain yakni Wiljan Pluim dan Rivki Mokodompit. Rumornya, masih ada yang akan didepak yakni Kike Linares.

Tak jauh berbeda dengan Persebaya, Persikabo 1973 juga ‘bersih-bersih gudang’. Laskar Padjajaran sudah rilis empat nama yakni Munadi, Guntur Triaji, Rafael Conrado, Rizki Hidayat dan Alfin Tuasalamoni. 

Sementara itu, PSIS Semarang juga mulai lakukan perubahan. Tim Biru Tengah melepas Wawan Febrianto, Aqsha Saniskara, Jorry Guruh dan Ridho Syuhada. 

Juara paruh musim, Borneo FC baru amankan satu pemain yakni Wiljan Pluim. Pesut Etam juga meminjamkan satu pemain muda yakni Arya Gerryan ke klub Liga 2, PSIM Jogja.

Adapun sembilan klub belum ada aktifitas, baik merekrut pemain ataupun melepas pemain. Klub tersebut adalah Madura United, Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Nusantara FC, Dewa United, Persita Tangerang, Persis Solo, Bali United, Bhayangkara FC.

Namun, bukan berarti tidak ada rumor yang menyertai sembilan klub itu. Persija contohnya, dikaitkan dengan Ze Valenter, Sergio Aguero (pemain Malaysia) dan akan merilis Marko Simic ke klub Liga 2 dengan status pinjaman.

Persita Tangerang disebut ingin meminjam winger lincah Persib Bandung, Febri Hariyadi. Tapi, belum ada kejelasan hingga saat ini. 

Rekap transfer putaran kedua Liga 1 2023:

PSM Makassar

Masuk: Victor Mansaray (HCMC FC), Ifan Nanda (PSS Sleman), Joao Pedro

Keluar: Wiljan Pluim (Borneo FC), Rivki Mokodompit (Persiraja)

Persikabo 1973

Masuk:

Keluar: Munadi (PSMS), Guntur Triaji (PSMS), Rafael Conrado (tanpa klub), Rizki Hidayat, Alfin Tuasalamoni 

Arema FC

Masuk:

Keluar: Samsudin (Persikab), Hamdi Sula (PSMS)

Persib Bandung

Masuk:

Keluar: Eriyanto (PSPS)

PSS Sleman

Masuk:

Keluar: Derry Rachman (tanpa klub), Ifan Nanda (PSM Makassar) 

Persebaya Surabaya

Masuk: Syaiful (Perserang)

Keluar: Risky Dwiyan (Persiba Balikpapan), Alwi Slamat (Malut FC), Denny Agus (Deltras), Ferdinand Sinaga (Persiraja), Widi Syarief (Persekat Tegal)

Borneo FC

Masuk: Wiljan Pluim (PSM)

Keluar: Arya Gerryan (PSIM)

PSIS Semarang

Masuk:

Keluar: Wawan Febrianto (Malut FC), Aqsha Saniskara (Persik Kendal), Jorry Guruh (Persik Kendal), Ridho Syuhada (PSMS)

Persik Kediri

Masuk: Miswar Saputra (tanpa klub)

Keluar:

Belum ada aktifitas pemain masuk dan keluar:

Madura United, Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Nusantara FC, Dewa United, Persita Tangerang, Persis Solo, Bali United, Bhayangkara FC.