Liga 1

Striker Mulai Gacor, Arema FC Makin Pede Tinggalkan Zona Degradasi Liga 1

Jumat, 3 November 2023 15:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO Arema FC
Gol Dedik Setiawan disambut Maulana Syarif usai cetak ke gawang Dewa United pada laga pekan ke-18 Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Kamis (02/11/23). (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Gol Dedik Setiawan disambut Maulana Syarif usai cetak ke gawang Dewa United pada laga pekan ke-18 Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Kamis (02/11/23). (Foto: MO Arema FC)

FOOTBALL265.COM - Arema FC sukses mengakhiri deretan hasil tak memuaskan, setelah mengalami puasa kemenangan dalam tiga laga terakhir Liga 1 2023/2024.

Momen itu tercipta lewat kemenangan tipis 2-1 saat menjamu Dewa United, pada pekan ke-18 Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Kamis (02/11/23).

Akibatnya, optimisme tim berjulukan Singo Edan untuk segera meninggalkan zona degradasi kembali melangit. Kendati mereka masih berada di urutan 16 klasemen.

Namun, koleksi 17 poin yang dimiliki klub berlogo kepala singa kini bernilai penting. Lantaran jarak dengan Persita Tangerang semakin terpangkas, cuma 1 poin saja.

"Ini menjadi tantangan untuk mengetahui sampai dimana level yang dimiliki tim ini. Kami akan terus bekerja keras," ucap Pelatih Arema FC, Fernando Valente.

Kemenangan pada awal putaran kedua Liga 1 atas Dewa United, jelas menjadi momentum tepat Arema FC untuk segera bangkit dari segala keterpurukan.

"Hasil ini sangat penting dalam mengawali putaran kedua LIga 1. Kami anggap sedang menatap kompetisi baru," ungkap pelatih kebangsaan Portugal itu.

Fokus menjadi nomor satu yang wajib dijaga oleh Gustavo Almeida dkk. Terlebih, tantangan semakin berat seiring jadwal pertemuan dengan Persib Bandung (08/11/23).

"Kami menghadapi tim-tim kuat. Setelah PSM Makassar, Madura United, Dewa United dan fokus harus meningkat saat lawan Persib Bandung," tambah dia.

Bagusnya, lini serang kembali tajam seiring kontribusi gol dari para striker. Bagaimana statistik para pengisi lini serang Arema FC?

Gustavo Almeida

Striker asal Brasil ini berperan penting saat melambungkan optimisme Arema FC memenangkan laga kontra Dewa United, Kamis (2/11/23) kemarin.

Gustavo membuka keunggulan tim lewat gol penalti menit 57. Dia sekaligus memungkasi puasa kemenangan yang dialami selama 3 laga terakhir.

Gol ke gawang Sonny Ricardo sekaligus menjadi penalti ke-7 kali Gustavo di Liga 1 musim ini. Sedangkan 6 gol lain tercipta dari skema open play.

Namanya juga tetap memimpin klasemen top skorer Liga 1 dengan 13 gol saat ini. Gustavo ditempel ketat Alex Martins (Dewa United) dengan 12 gol.

Dedik Setiawan

Hal memuaskan bagi Fernando Valente lainnya adalah ketergantungan terhadap Gustavo Almeida yang mulai menipis dalam hal produktivitas gol.

Dedik Setiawan menjadi penentu kemenangan Arema FC melalui gol yang melengkung indah pada menit 67 ke gawang Dewa United.

Lesakan ini sekaligus mengakhiri puasa gol yang dialami Dedik selama 5 laga terakhir, sejak membobol gawang Persebaya ketika Arema FC kalah 1-3 (23/09/23) lalu.

Striker 29 tahun kini menyumbang 3 gol dan 1 assist dari 14 laga Liga 1. Statistik yang tentu menurun jauh dibanding kontribusinya 9 gol dan 1 assist dari 28 laga musim lalu.