Timnas Indonesia

Menguak Borok Lama PSSI yang Bikin Justin Hubner Hampir Batal Naturalisasi

Sabtu, 4 November 2023 15:35 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSSI
Menguak borok lama PSSI yang sempat bikin Justin Hubner hampir batal naturalisasi. Copyright: © PSSI
Menguak borok lama PSSI yang sempat bikin Justin Hubner hampir batal naturalisasi.

FOOTBALL265.COM – Menguak borok lama PSSI yang sempat bikin Justin Hubner hampir batal naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Mantan Exco PSSI, Hasani Abdulgani, sempat membongkar borok PSSI yang membuat Justin Hubner hampir batal naturalisasi membela Timnas Indonesia.

Saat Agustus lalu, PSSI ingin menaturalisasi Ivar Jenner dan Justin Hubner untuk membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

PSSI memang menambah satu nama lagi saat itu, yaitu Rafael Struick, tetapi hanya Ivar Jenner dan Justin Hubner saja pada saat itu.

Hanya saja, setelah Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Justin Hubner sempat dikabarkan mulai ragu untuk melanjutkan proses naturalisasi menjadi WNI dan malah Struick dan Jenner yang sudah menjadi WNI.

Hal itu sempat dibenarkan oleh Hasani Abdulgani, padahal federasi sudah melakukan segala macam cara membujuk Hubner untuk bisa membela Timnas Indonesia.

"Setelah gagalnya Piala Dunia U-20, ada tiga pemain waktu itu, Ivar Jenner, Rafael Struick, sama Justin Hubner," kata Hasani Abdulgani di kanal YouTube GAN Channel.

"Tiba-tiba Justin Hubner dipanggil sama Timnas Belanda. Waktu dia diajak, sudah mulai ngeles dengan segala macam persoalan," jelas Hasani Abdulgani lagi.

"Target kita waktu itu, gimana pun Hubner harus masuk. Kita tawari lah dia main di klub Pak Erick yang di Inggris, dan segala macam cara, akhirnya kita tetap gagal," imbuhnya.

Hasani Abdulgani menyalahkan PSSI karena hal ini sehingga dirinya yang awalnya tak menangani nataralisasi itu harus turun tangan menyelesaikan masalahnya.

"Rafael, Ivar Jenner, dan Justin Hubner nggak saya sentuh dari awal, tapi di ujung, saya yang menyelesaikan," ungkap Hasani.

"Kelemahan yang tiga di bawah terakhir ini, dibanding yang pertama saya urus (Sandy Walsh dan Jordi Amat), yang kali ini nggak ada hitam-putih," tutur pria berkacamata itu.

"Itu kesalahan (PSSI) menurut saya, dan itu kesalahan yang selama ini dibuat federasi, kenapa selama ini naturalisasi itu gagal," sambung Hasani Abdulgani.

Untung saja, proses naturalisasi Justin Hubner itu kini sudah berlanjut diam-diam sehingga sang pemain kiranya dalam waktu dekat bisa membela Timnas Indonesia.