In-depth

Profil Tim Piala Dunia U-17: Korea Selatan, Macan Asia yang Belum Kesampaian Pamer Kekuatan

Sabtu, 4 November 2023 18:21 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sebagai salah satu tim terkuat di Piala Dunia U-17 2023 terutama dari konfederasi Asia, Korea Selatan patut untuk diamati. Berikut ini adalah profil mereka. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sebagai salah satu tim terkuat di Piala Dunia U-17 2023 terutama dari konfederasi Asia, Korea Selatan patut untuk diamati. Berikut ini adalah profil mereka.

FOOTBALL265.COM - Sebagai salah satu tim terkuat di Piala Dunia U-17 2023 terutama dari konfederasi Asia, Korea Selatan patut untuk diamati. Berikut ini adalah profil mereka.

Korea Selatan datang ke Indonesia untuk mengikuti ajang Piala Dunia U-17 2023 berbekal ambisi besar. Mencetak sejarah dengan mentargetkan lolos sampai ke semifinal.

Sejauh ini langkah Taegeuk Warriors junior di kejuaraan usia muda dua tahunan tersebut hanyalah delapan besar saja.

Prestasi tersebut mereka capai pada edisi Kanada 1987, Nigeria 2009, dan Brasil 2019.

Saat diberi kesempatan menjadi tuan rumah pada 2007 silam, Korea Selatan malah tampil mengecewakan usai terhenti di babak fase grup karena hanya menempati posisi ketiga klasemen akhir dalam kumpulan yang berisi Peru, Kosta Rika, dan Togo.

Walau demikian mereka tetap patut mendapat apresiasi karena wakil Asia alias AFC masih cukup kesulitan bersaing di kancah Piala Dunia U-17.

Baru Arab Saudi yang bisa menjadi juara dari benua kuning dan itu pun sudah lama sekali di 1989 ketika kompetisi baru memasuki edisi ketiga gelaran. Sementara itu Bahrain (1989) dan Oman (1995) harus puas dengan titel juara ketiga.

Korea Selatan sendiri adalah salah satu negara Asia dengan jumlah partisipasi terbanyak di Piala Dunia U-17 yakni tujuh kali setara dengan Qatar.

Hanya Jepang (10) yang punya keikutsertaan lebih banyak. Kedua negara memang memikul julukan sebagai Macan Asia dan sudah terlibat rivalitas panjang untuk jadi penguasa dari Timur yang sebenarnya.

Di Piala Dunia U-17 2023, Korea Selatan punya kans untuk unjuk gigi. Di kualifikasi mereka tampil cukup baik dengan mengumpulkan dua kemenangan atas Qatar (6-1) dan Afganistan (0-4) sehingga kesempatan anak-anak asuh Byun Sung-hwan kembali lolos dari fase grup terlihat cukup besar.