In-depth

Kiprah Burkina Faso di Piala Dunia U-17: Buat Malu Tevez hingga Iniesta

Senin, 6 November 2023 20:03 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© FIFA
Souleymane Alio, Pemain Burkina Faso di Piala Dunia U-17 Copyright: © FIFA
Souleymane Alio, Pemain Burkina Faso di Piala Dunia U-17

FOOTBALL265.COM – Intip kiprah manis Timnas Burkina Faso selama tampil di Piala Dunia U-17, ternyata sang Kuda Afrika muda pernah permalukan Spanyol hingga Argentina.

Tergabung di Grup E Piala Dunia U-17 2023, skuat Timnas Burkina Faso akan menghadapi Amerika Serikat, Korea Selatan hingga tim kuat Eropa, Prancis.

Pada pertandingan perdana, Burkina Faso bakal langsung melawan Prancis yang berlangsung di Jakarta International Stadium, Jakarta, hari Minggu (12/11/2023) sore WIB.

Melihat dari catatan di atas kertas kedua kesebelasan, Prancis jelas lebih diunggulkan untuk bisa menang ketimbang Burkina Faso.

Pasalnya, Prancis lolos ke Piala Dunia U-17 dengan status mewah, yakni sebagai runner up Piala Eropa U-17 tahun 2023. Sedangkan Burkina Faso hanya finish peringkat tiga di Piala Afrika U-17.

Selain itu, Prancis punya pengalaman mentas di Piala Dunia U-17 cukup banyak yakni tujuh kali kesempatan sejak tahun 1987.

Pencapain Les Bleuets pun tak main-main, yakni berhasil menjadi juara pada gelaran tahun 2001 silam setelah sukses mengalahkan Nigeria di partai final.

Meski punya statistik yang lebih baik, namun Prancis tak boleh anggap enteng kekuatan Burkina Faso lantaran Les Etalons juga sejarah manis sepanjang gelaran Piala Dunia U-17.

Tak jauh beda dengan Prancis, tercatat Burkina Faso telah lima kali tampil di Piala Dunia U-17 dengan penampilan terbaik mereka terjadi pada tahun 2001, tepat saat Prancis keluar sebagai juara.

Di edisi tersebut, Burkina Faso yang sempat tak diunggulkan berhasil lolos dari penyisihan grup dan mendapat peringkat tiga di akhir kompetisi.

Dalam perjalanannya hingga raih peringkat tiga, Burkina Faso sukses mengalahkan sejumlah tim besar yang berisikan bintang muda top dunia.