Liga 1

Pemain Indonesia di Malaysia Kompak Pulkam: Natanael ke Barito, Saddil ke Borneo?

Senin, 6 November 2023 10:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Natanael Siringoringo saat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Natanael Siringoringo saat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23.

FOOTBALL265.COM - Pesepak bola Indonesia yang berkarier di Malaysia kabarnya segera pulkam ke Liga 1, Natanael Siringoringo ke Barito Putera dan Saddil Ramdani ke Borneo FC.

Barito Putera baru saja perkenalkan pemain lokal baru di jendela transfer paruh musim Liga 1. Ia adalah Natanael Siringoringo yang musim lalu bermain untuk klub Malaysia Kelantan FC.

Sebelum berkarier di Malaysia, Natanael Siringoringo pernah memperkuat Timnas Indonesia U-23 besutan Shin Tae-yong di tahun 2021 silam.

Pemain yang berposisi sebagai winger itu mengawali karier profesional bersama klub tanah kelahirannya PSMS Medan, lalu ia ke Sulut United, dan pernah membela Dewa United.

Ketika bermain di Liga Malaysia, Natanael sebenarnya tampil sangat apik. Pada laga terakhir melawan Selangor FC, ia mencetak 1 gol dan 1 assist, meski timnya kalah telak 2-11.

Namun satu hal yang membuat Natanael harus mengubur mimpinya di Malaysia, pihak klub tidak membayarkan gajinya. Sang agensi memutuskan untuk tidak perpanjang kontrak.

Tak butuh waktu lama, Natanael akhirnya mendapatkan klub baru di Indonesia. Kini ia diperkenalkan sebagai pemain baru Barito Putera.

"From Medan to Banua. Natanael Siringoringo is ready for Laskar Antasari," tertulis di akun Instagram Barito Putera, yang mengunggah cuplikan pemain berusia 23 tahun itu.

"Agresi dan akselerasi siap menyisir sisi sayap Laskar Antasari. Mari berjuang bersama untuk Kebanggaan Banua, Natanael," imbuhnya.

Selain Natanael, kabarnya juga ada satu pemain Indonesia di Malaysia yang berencana untuk pulang kampung dan memperkuat klub Liga 1, apakah benar Saddil Ramdani?

Saddil Ramdani ke Borneo FC?

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Saddil Ramdani saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSaddil Ramdani saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Sebagaimana diketahui, tak banyak pemain Indonesia yang berkiprah di Malaysia. Selain Natanael, hanya ada Saddil Ramdani (Sabah FA) dan pemain naturalisasi Jordi Amat (JDT).

Mengingat Jordi Amat masih berkompetisi di ajang internasional bersama tim Johor Darul Takzim, rasanya mustahil ia pulang kampung ke Indonesia dan memperkuat klub Liga 1.

Maka, satu nama yang tersisa adalah Saddil Ramdani. Ia kabarnya dilirik oleh sesama klub Liga 1 asal Kalimantan, yakni Borneo FC.

Kabar ini diunggah oleh akun Instagram Kaltim Faktual, yang mengungkapkan jika Borneo FC perlu tambahan amunisi di lini serang, dan Saddil adalah nama yang tepat.

"Borneo FC dikabarkan tertarik merekrut penyerang Timnas Indonesia, Saddil Ramdani. Manajemen belum puas dengan penampilan lini depan pada putaran pertama Liga 1."

"Mereka akan melakukan penguatan di pos serang, setelah datangkan playmaker asing Wiljan Pluim. Hal ini pernah disinggung oleh manajer Dandri Dauri apda akhir bulan lalu."

"Dia mengatakannya setelah rapat evaluasi usai laga kontra Dewa United. Pesut Etam tak menutup kemungkinan mendatang pemain lokal baru untuk putaran kedua," tulisnya.

Hanya saja, jika memang Borneo FC ingin merekrut Saddil Ramdani, perlu negosiasi khusus dengan pihak Malaysia, Sabah FC.

Pasalnya, Liga Super Malaysia masih akan bergulir sampai bulan Desember, sedangkan bursa transfer paruh musim Liga 1 hanya akan dibuka di bulan November.

Maka dari itu, rumor Saddil Ramdani ke Liga 1 dan membela Borneo FC masih tak dapat dikonfirmasi kebenarannya. Selain itu, Pesut Etam juga mulai bangkit dengan performa Stefano Lilipaly yang makin menanjak.