In-depth

3 Hal yang Buat Arema FC Berpotensi Hentikan Rekor Cemerlang Persib Bandung

Selasa, 7 November 2023 22:04 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Arema FC
Arema FC sudah menyelesaikan persiapan secara intensif jelang pertemuan kontra Persib Bandung, pada pekan ke-19 Liga 1 2023/2024. Copyright: © MO Arema FC
Arema FC sudah menyelesaikan persiapan secara intensif jelang pertemuan kontra Persib Bandung, pada pekan ke-19 Liga 1 2023/2024.

FOOTBALL265.COM - Arema FC sudah menyelesaikan persiapan secara intensif jelang pertemuan kontra Persib Bandung, pada pekan ke-19 Liga 1 2023/2024.

Arema FC bahkan tampak serius mempersiapkan laga ini. Pasalnya, mereka tahu lawan yang akan dihadapi punya kekuatan tak main-main.

"Pertandingan ini akan menjadi tantangan yang paling sulit bagi kami," ungkap Pelatih Arema FC, Fernando Valente saat pre-match press conferrence Selasa (7/11/23).

Saat ini, Charles Raphael dkk masih terbenam di urutan 16 klasemen dengan 17 poin. Arema FC terpaut 2 angka saja dari Persita Tangerang di urutan 15.

Sementara Persib Bandung jelas tak akan menyerahkan poin begitu saja. Kepentingan mereka juga sama, yakni menambah angka untuk bersaing di jalur juara.

"Laga ini adalah pertemuan antara tim yang memburu gelar juara dengan tim yang menghindar dari zona degradasi," tutur pelatih asal Portugal tersebut.

"Tapi bagi kami, yang paling penting adalah menjadikan laga ini sebagai ajang pembelajaran terhadap para pemain muda," sambung dia.

Dia juga tahu Persib sedang tampil ganas dengan rekor cemerlangnya. Bagaimana Tim Maung Bandung tak terkalahkan selama 11 laga (8 kali menang dan 3 imbang).

"Jika kami bisa memanfaatkan kesempatan dengan baik, maka kami akan tampil mengejutkan Persib," ayah playmaker Persebaya, Ze Valente itu bertekad.

Sebelum peluit kick-off berbunyi, peluang kedua tim memang sama besar untuk menang. Lantas, hal apa saja yang membuat Arema FC mengejutkan Persib Bandung?

1. Tak Rubah Line-Up

Salah satu senjata utama Arema FC dibalik grafik meningkat belakangan ini adalah komposisi line-up pemain tak berubah dan konsisten.

Fernando Valente tak merubahnya sejak Arema FC kalah 0-3 dari PSM Makassar (20/10/23), lalu imbang 1-1 kontra Madura United (28/10/23) dan mengalahkan Dewa United 1-0 (2/11/23).

"Kami tidak mengubah line-up dalam 3 laga terakhir. Itu artinya, kami harus tampil lebih konsisten," bilang Fernando Valente.

2. Motivasi Underdog

Posisi sebagai tim underdog alias non unggulan, juga bisa meningkatkan motivasi Arema FC. Terlebih, Persib juga sedang diatas angin lewat rekor tak terkalahkan dalam 11 laga.

Situasi ini jelas akan memberi dampak terhadap tekanan mental yang minim. Arema FC akan tampil lebih lepas, sedangkan Persib dituntut tampil sempurna di laga home.

"Kami tahu sedang menghadapi tim kuat. Laga ini sangat bagus untuk mengetahui sejauh mana level permainan kami di kompetisi," beber Valente.

3. Produktivitas Mulai Rata

Arema FC juga sudah tidak lagi terlalu bergantung kepada Gustavo Almeida, yang telah menyumbang 13 gol meski 7 diantaranya dari titik penalti.

Buktinya, Dedik Setiawan juga bisa menampilkan kualitas setara. Gol ke gawang Dewa United membuat Dedik mulai tajam meski baru mengoleksi 3 gol dan 1 assist musim ini.