Liga 1

Jumlah Personel Keamanan Ditambah untuk Laga Persib vs Arema FC

Selasa, 7 November 2023 19:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Arif Rahman/INDOSPORT
Jumlah personel keamanan akan ditambah, saat pertandingan antara Persib Bandung menghadapi Arema FC pada pekan ke-19 kompetisi Liga 1 2023-2024. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Jumlah personel keamanan akan ditambah, saat pertandingan antara Persib Bandung menghadapi Arema FC pada pekan ke-19 kompetisi Liga 1 2023-2024.

FOOTBALL265.COM - Jumlah personel keamanan akan ditambah, saat pertandingan antara Persib Bandung menghadapi Arema FC pada pekan ke-19 kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (08/11/23).

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, pada pertandingan kandang perdana Persib Bandung di putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024 tersebut pihaknya akan menurunkan sebanyak 2.640 personel.

Laga antara Persib menghadapi Arema FC menarik antusias Bobotoh, jumlah suporter yang akan hadir di Stadion GBLA pada pertandingan tersebut bakal lebih banyak dari laga kandang sebelumnya.

Tiket pertandingan Persib menghadapi Arema FC ini, kabarnya sudah terjual sebanyak 20 ribu. Sehingga, jumlah personel keamanan untuk laga tersebut bakal ditambah.

"Jumlah tiket yang sudah terjual sampai hari ini sudah 20 ribu. Personel yang kita turunkan jumlahnya 2.640," kata Budi, Senin (07/11/23).

"Memang ada peningkatan jumlah penonton, maka dari itu untuk pengamanan pada hari besok memang walaupun polanya sama seperti biasanya tetapi jumlahnya kita agak lebih tambah sedikit," ucapnya menambahkan.

Melihat antusias Bobotoh yang cukup besar, untuk menyaksikan langsung pertandingan Persib menghadapi Arema FC, pihak kepolisian bersama Panpel akan membuka pintu masuk ke tribun lebih awal.

Pertandingan pekan ke-19 ini akan berlangsung pada pukul 15.00 WIB, sehingga untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan, pintu masuk bakal dibuka pada pukul 12.00 WIB.

"Dan untuk pembukaan pintu masuk pun kita buka lebih cepat, karena jangan terjadi penumpukan di pintu-pintu masuk, sehingga jam 12 sudah kita harapkan pintu itu sudah terbuka untuk penonton," jelasnya.

Terkait pola pengamanan, Budi mengatakan tidak ada perbedaan dengan laga kandang Persib sebelumnya, pada ring ke-4 petugas akan melakukan pemeriksaan tiket kepada suporter.

Bagi mereka yang tidak memiliki tiket, dipastikan tidak akan bisa masuk ke Stadion dan bakal dipulangkan. Sehingga, hanya Bobotoh yang memiliki tiket yang bisa masuk ke area Stadion GBLA.

"Untuk pola-pola pengamanan sama kita mulai dari zona 4 screening, jadi yang boleh masuk ke lingkungan GBLA adalah yang benar-benar memiliki tiket dengan menunjukan gelang," ujar Budi.

"Selebihnya (yang tidak memiliki tiket) kita suruh pulang, sehingga Insya Allah tidak ada penonton yang tidak punya tiket berusaha masuk, kita sudah cegah sebelumnya," ungkapnya.

Pihak kepolisian merasa optimis pertandingan akan berjalan aman dan lancar, pasalnya Bobotoh sudah berkomitmen untuk sama-sama menjaga laga tersebut.

"Tadi dari Viking dan Bobotoh sudah hadir dari perwakilan, dan mereka sudah berkomitmen sama-sama menonton dengan aman dan nyaman. Walaupun jumlahnya terjadi peningkatan tetapi berkomitmen untuk menonton dengan aman," jelasnya.

Sementara itu, pada pertandingan tersebut, Persib bakal berusaha untuk mengamankan poin penuh, pasalnya tim kebanggaan Bobotoh ini sedang bersaing di papan atas klasemen.

Sejauh ini, hingga memasuki pekan ke-18 kompetisi Liga 1 2023-2024, skuad Maung Bandung berada di peringkat kedua dengan mengumpulkan 34 poin.

Selain itu, kemenangan pada pertandingan pekan ke-19 dibutuhkan oleh Persib, untuk melanjutkan tren positif tidak terkalahkan di kompetisi Liga 1 2023-2024. Pasalnya, tim Maung Bandung saat ini tidak terkalahkan dalam 11 laga.