Piala Dunia

Piala Dunia U-17 2023 Gunakan VAR, PSSI Ingin 3 Wasit Indonesia Bisa Belajar

Selasa, 7 November 2023 01:29 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Exco PSSI, Arya Sinulingga, saat menghadiri agenda latihan dan seleksi tim Garuda Select di Stadion Madya, GBK Senayan, Jakarta, Kamis, (06/07/23). Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Exco PSSI, Arya Sinulingga, saat menghadiri agenda latihan dan seleksi tim Garuda Select di Stadion Madya, GBK Senayan, Jakarta, Kamis, (06/07/23).

FOOTBALL265.COM - PSSI mematikan persiapan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di perhelatan Piala Dunia U-17 berjalan lancar. Nantinya VAR siap digunakan di empat stadion venue pertandingan Piala Dunia U-17.

Perhelatan Piala Dunia U-17 memang bakal berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023. PSSI selaku panitia lokal Piala Dunia U-17 2023 memastikan semua persiapan sudah berjalan lancar.

Salah satunya ialah penggunaan VAR di empat stadion venue Piala Dunia U-17 yang siap bakal menerapkan VAR. 

Seperti diketahui Piala Dunia U-17 2023 memang bakal berlangsung di Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Gelorang Bung Tomo (Surabaya), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Manahan (Solo).

Keempat stadion ini pun dipastikan siap untuk penerapan VAR dalam Piala Dunia U-17 nanti. Hal ini diutarakan oleh anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga.

“Pakai VAR di empat stadion itu, “ ucap Arya Sinulingga dalam acara diskusi bersama awak media di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta.

Arya pun menegaskan bahwa penerapan VAR sudah dilakukan sejak babak penyisihan grup hingga babak final nantinya.

“Iya dari babak penyisihan grup menggunakan VAR,” tambah Arya Sinulingga.

Untuk wasit dalam penerapan VAR sendiri, FIFA dikabarkan menugaskan 18 wasit yang bakal bertugas di ruang VAR. Selain itu terdapat 18 wasit dan 36 asisten wasit yang akan bertugas di ajang dua tahunan ini.

Indonesia sendiri mengirimkan tiga wasit yang masuk dalam jajaran wasit pembantu di Piala Dunia U-17.

Ketiga wasit tersebut antara lain, Aprisman Aranda, Thohir Alkatiri, dan Yudi Nurcahya. Arya Sinulingga pun berharap ketiga wasit yang dilibatkan ini bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

“Dari Indonesia ada tiga sebagai support. Ya belajarlah kami,” jelas pria yang juga menjabar Komisaris di BUMN ini.

Perhelatan Piala Dunia U-17 sendiri dijadwalkan dibuka pada 10 November dengan mempertandingkan laga perdana antara Timnas Indonesia U-17 menjamu Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Penerapan VAR di Piala Dunia U-17 juga bisa menjadi bahan pembelajaran penerapan VAR nantinya di Liga 1 2023-2024.

Seperti diketahui PSSI dan PT LIB selaku operator kompetisi memang berencana menggunakan VAR di Liga 1 mulai Februari 2024.