Liga 1

Profil Yan Victor, Bek Asing Baru Persebaya Surabaya Jebolan Timnas Brasil U-17

Rabu, 8 November 2023 14:50 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© shutterstock.com/wikipidea.com
Logo klub Liga 1, Persebaya Surabaya. Copyright: © shutterstock.com/wikipidea.com
Logo klub Liga 1, Persebaya Surabaya.

FOOTBALL265.COM - Persebaya Surabaya akhirnya mengumumkan pemain asing baru di putaran kedua Liga 1 Indonesia 2023/24. Siapa lagi kalau bukan bek asal Brasil, Yan Victor. 

“Yan Victor langsung mengikuti latihan Persebaya hari ini setelah menyelesaikan rangkaian tes medis dan administrasi,” tulis akun Instagram klub.

Simak profil singkat Yan Victor pemain baru Persebaya Surabaya dilansir dari situs Transfermarkt. Rupanya dia sudah tak asing dengan klub-klub asia. 

Beberapa tim yang pernah dibelanya sebelum Persebaya adalah Kelantan United klub Malaysia dan Chunbuk Cheongju FC di Korea Selatan. Dia juga tercatat sebagai personel timnas Brasil kelompok umur (U-15 dan U-17).

Kehadiran Yan Victor diharapkan mampu menambah kokoh lini pertahanan Persebaya Surabaya, sekaligus diduetkan dengan Dusan Stevanovic.

Meskipun Persebaya Surabaya telah memperkenalkan Yan Victor sebagai pemain baru, tampaknya dia belum bisa langsung dimainkan. Caretaker Uston Nawawi tak bisa memastikan kapan dia bisa merumput.

“Kita lihat sampai akhir karena kami tidak bisa memaksakan si Yan ini karena terlalu berisiko,” kata Uston Nawawi pada Senin (6/11/23).

Meskipun sudah melalui pemeriksaan kesehatan, tim pelatih masih perlu melihat kondisi pemain di atas lapangan. Jarak yang cukup mepet dari kedatangannya dengan pertandingan menjadi alasan lainnya.

“Kemungkinan setelah lawan Barito Putera karena akan ada jeda satu minggu,” ungkap Uston Nawawi usai memimpin latihan Persebaya.

Di sisi lain, Persebaya Surabaya kabarnya masih menunggu satu pemain asing baru yang berposisi striker. Beredar rumor jika pemain tersebut adalah Paulo Henrique. 

Dia pernah bermain di Liga 1 membela Persiraja Banda Aceh. Apabila benar-benar direkrut Persebaya, Paulo Victor sudah resmi angkat kaki.