Liga 1

Suporter Gelar Pesta Flare, Perayaan 100 Tahun Persis Solo Baru Dimulai

Rabu, 8 November 2023 20:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Suporter Persis Solo merayakan hari jadi ke-100 pada Rabu (8/11/23) pukul 00.01 WIB dengan memadati jalanan dan membakar ribuan flare. Pesta perayaan ini baru saja dimulai. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Suporter Persis Solo merayakan hari jadi ke-100 pada Rabu (8/11/23) pukul 00.01 WIB dengan memadati jalanan dan membakar ribuan flare. Pesta perayaan ini baru saja dimulai.

FOOTBALL265.COM - Suporter Persis Solo merayakan hari jadi ke-100 pada Rabu (8/11/23) pukul 00.01 WIB dengan memadati jalanan dan membakar ribuan flare. Pesta perayaan ini baru saja dimulai.

Suasana Jalan Slamet Riyadi dari kawasan Purwosari hingga Gladag bak pergantian tahun pada Selasa (7/11/23). Suporter memasang spanduk di sepanjang jalan yang membentang 4 kilometer.

Puluhan ribu suporter yang datang dari karesidenan Surakarta ini sudah berkumpul dari mulai pukul 20.00 WIB. Mereka menempatkan diri sesuai kelompoknya masing-masing.

FOOTBALL265.COM pilih menempatkan diri di sekitaran Stadion Sriwedari Solo. Di area ini hadir ribuan anggota Ultras 1923 yang bernyanyi hingga dini hari.

Jalanan sudah tak bisa dilalui sekitar pukul 23.00 WIB karena sudah dipadati suporter. Menariknya, ketika ada mobil ambulance yang akan lewat, kepadatan itu membelah dengan bantuan dari koordinator masing-masing kelompok.

Puncak acara akhirnya tiba setelah pergantian hari pada 00.01 WIB. Suporter yang datang membuat Jalan Slamet Riyadi membara dengan nyala ribuan flare dan kembang api.

Perayaan ini jauh lebih meriah ketimbang malam pergantian tahun di Kota Solo. Maklum saja, acara ini spesial karena Persis Solo sudah berusia 100 alias seabad meramaikan sepak bola Tanah Air.

Hanya saja, perayaan ini tak bisa langsung dihadiri para pemain yang berada di Sleman, untuk persiapan melawan PSS, Rabu malam. Mereka menyaksikan suasana kota lewat live dan dokumentasi dari media serta suporter.

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, mengapresiasi komitmen suporter untuk mengadakan aksi dengan tertib. Butuh banyak bantuan dari stakeholder, terutama keamanan dan pemerintah kota agar acara mewah itu bisa terselenggara.

"Bagaimana kita melihat semua orang merasa memiliki Persis, semua orang merasa bangga dengan Sambernyawa. Saya sendiri merasa melepas status sebagai manajemen dan kembali lagi menjadi suporter," kata Bryan Barcelona, Rabu (8/11/23).

Kapten tim Persis Solo, Eky Taufik, pun merasakan euforia masih berjalan. Eky yang sudah tiga musim membela Persis Solo merasakan dukungan yang luar biasa.

"Euforia dari suporter sangat luar biasa, fanatiknya, semua warga Solo. Saya merasakan euforia dari Liga 2 sampai sekarang tidak ada yang berubah, malah bertambah setiap harinya, terutama ketika bermain di Manahan luar biasa," ungkap Eky.

Euforia yang terjadi di Jalan Slamet Riyadi bukan akhir dari pesta perayaan 100 tahun Persis Solo. Justru pesta baru akan dimulai.

Persis Solo akan menggelar Sambernyawa Festival yang menggandeng Smartfren pada Sabtu (11/11/23). Persis Solo mengadakan acara jalan sehat dari pagi hingga festival musik pada malam hari di Alun-alun Kidul.

Persis Solo menghadirkan banyak pengisi acara, termasuk band metal, Down for Live. Selain itu, Persis Solo juga menggelar acara doa bersama dengan menghadirkan Habib Ali bin Assegaf.

Direktur Bisnis Persis Solo, Arizal Perdana Putra, mengatakan rangkaian acara ini dibuat agar seluruh elemen bisa ikut merasakan euforia 100 tahun perjalanan Laskar Sambernyawa.

"Ini adalah sebuah gerakan untuk melibatkan seluruh elemen yang ada di Solo Raya. Sosialnya ada, doa bersama ada, musiknya ada. Ini acara yang mudah-mudahan akhirnya happy ending untuk seluruhnya," kata Direktur Bisnis Persis Solo, Arizal Perdana Putra.

Hal yang sama diungkapkan Direktur Persis Solo, Alfonso Antonius Dompas. Persis Solo ingin menguatkan diri sebagai bagian dari identitas Kota Solo.

"Sambernyawa Festival ini digarap supaya bisa mengkomunikasikan bahwa Persis adalah Solo dan Solo adalah Persis," jelas Alfonso Dompas.

"Sambernyawa Festival ini kami selenggarakan gratis, tanpa tiket, kami bikin secara open space. Jadi semua warga Solo Raya bisa ikut merayakan bersama kami," lanjutnya.

Sebelum acara ini, Persis Solo sudah mengajak ribuan pelajar merayakan euforia 100 tahun perjalanan klub. Persis Solo mengajak Muhammad Riyandi dkk. untuk berkunjung ke SMP 20 Solo, SMA Batik 1 Solo dan Universitas Surakarta.

Nantinya, Persis Solo bersama salah satu suporternya, Pasoepati, akan mengundang grup band Superman Is Dead untuk acara menggelar acara musik di Terminal Tirtonadi Solo pada 22 November 2023.