Liga Indonesia

Resmikan Kantor FIFA di Jakarta, Ini Harapan Presiden Jokowi

Jumat, 10 November 2023 19:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA Gianni Infantino saat sesi foto bersama usai peresmian kantor FIFA di Jakarta. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA Gianni Infantino saat sesi foto bersama usai peresmian kantor FIFA di Jakarta. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Presiden RI, Joko Widodo meresmikan kantor (perwakilan) FIFA di Menara Mandiri II, Jakarta, Jumat (10/11/23). Kantor itu sebagai penghubung permanen FIFA untuk kawasan Asia Tenggara. 

Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga hadir dalam acara yang berlangsung tadi siang. Ada pula Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. 

Presiden Jokowi berharap adanya kantor FIFA di Jakarta bisa membantu sepak bola Indonesia makin berkembang.

"Dengan kantor FIFA yang ada di Jakarta, ini adalah kantor Asia Hub di sini, kita harapkan dengan dukungan FIFA, baik di manajemen pertandingan, di tata kelola keamanan, dan kemudian tata kelola perwasitan, manajemen keamanan di pertandingan, semuanya akan diberikan panduan oleh FIFA,” ujar Jokowi.

Menurut Presiden RI, ini akan jadi babak baru sepak bola Indonesia. Karena itu, dia telah meminta FIFA agar mendampingi PSSI selama masa transformasi.

“Saya sampaikan ke Gianni, bahwa sekarang kita urusan perwasitan sudah diperbaiki, infrastruktur stadion sudah mulai direvitalisasi, sehingga nanti beriringan dengan tata kelola dan manajemen yang ada dan didukung oleh FIFA,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden FIFA, Gianni Infantino menegaskan akan bekerja sama dengan PSSI dan kawasan Asia Tenggara  membenahi keamanan (pertandingan) hingga match fixing (pengaturan skor).

Gianni tak lupa menekankan pentingnya pemimpin yang serius dalam mengembangkan sepak bola, seperti yang dilakukan Presiden Joko Widodo.

Itu membuat persepakbolaan di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat luar biasa dalam beberapa waktu terakhir ini. Salah satunya adalah dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

“Tapi secara keseluruhan kami ingin mengembangkan sepak bola Indonesia secara berimbang baik sepak bola putra maupun putri dengan adanya training center, FIFA Academy,” jelas Gianni Infantino.

“Berada di negara ini ada bentuk investasi masa depan untuk banyak hal bagi FIFA. Ini adalah tempat yang tepat bagi FIFA untuk bekerja sama membangun masa depan sepak bola Indonesia hingga di seluruh Asia,” tambahnya. 

FIFA dan PSSI juga menandatangani MoU atau kesepakatan untuk percepatan pengembangan persepak - bolaan di Indonesia. Dan ini termasuk dengan mendirikan Kantor FIFA di Jakarta.

Dalam MoU itu diatur dukungan Pemerintah Indonesia terhadap Kantor FIFA Jakarta tersebut. Dukungan itu direalisasikan dengan membantu penyediaan ruang kantor, International Organization Status, dan Operasional.

Di dalam MoU yang sama, diatur pula dukungan FIFA terhadap Indonesia. Dimana FIFA akan memberikan pembinaan dalam pengembangan dan pembangunan sepak bola Indonesia. 

Berkenaan kantor FIFA tersebut, Erick Thohir mengungkapkan bahwa hubungan Indonesia dan FIFA sangat baik dan saling timbal balik demi memperkuat persepak – bolaan Indonesia. 

"Jadi, ini harus diapresiasi dengan komitmen semua. Mulai dari pengurus PSSI, pemain, pelatih, ofisial, serta seluruh masyarakat untuk bekerja keras dan bersama-sama memajukan sepak bola. Jika FIFA saja percaya sepak bola kita bisa maju, maka kita harus lebih yakin lagi," tuntas Erick.