Liga Inggris

Aturan Bursa Transfer Liga Inggris Bisa Gagalkan Kepindahan Todibo ke Manchester United

Minggu, 12 November 2023 07:07 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© OGC Nice
Manchester United, Chelsea, Liverpool, dan semua klub Liga Inggris (Premier League) bersama FA dikabarkan tengah membahas aturan baru soal bursa transfer. Copyright: © OGC Nice
Manchester United, Chelsea, Liverpool, dan semua klub Liga Inggris (Premier League) bersama FA dikabarkan tengah membahas aturan baru soal bursa transfer.

FOOTBALL265.COM - Manchester United, Chelsea, Liverpool, dan semua klub Liga Inggris (Premier League) bersama FA dikabarkan tengah membahas aturan baru soal bursa transfer.

Ditargetkan per Januari 2024 klub-klub kasta tertinggi negeri Raja Charles tidak bisa lagi melakukan peminjaman pemain dari klub yang dimiliki oleh perusahaan atau orang yang sama.

David Ornstein dari The Athletic melaporkan bahwa akan ada pemungutan suara yang diikuti oleh para klub Liga Inggris dan FA selaku federasi sepak bola Inggris terkait regulasi tersebut pada 21 November 2023.

Apabila dua pertiga dari 20 kesebelasan alias 14 mengatakan setuju maka aturan larangan peminjaman pemain antar sister club diberlakukan mulai di bursa transfer musim dingin mendatang.

Masih dari Ornstein, Liga Inggris berniat untuk meningkatkan integritas para klubnya dalam bertransaksi di bursa transfer.

Semakin maraknya fenomena banyak klub dengan owner yang sama membuat loan 'nakal' pun kian sering terlihat.

Salah satu yang paling disorot, meski belum jadi kenyataan, adalah rencana Newcastle United meminjam Ruben Neves di Januari 2024 sebagai reaksi atas suspensi Sandro Tonali akibat judi ilegal tempo hari.

Yang jadi masalah Neves kini bermain untuk Al-Ahli di Arab Saudi yang mana juga dimiliki oleh Public Investment Fund (PIF), perusahaan pemegang saham The Magpies.

Publik menilai jika transfer ini bisa melahirkan iklim yang tidak sehat. Meski di atas kertas tidak dilarang namun rasanya ada integritas yang dilanggar.

Jika nantinya diberlakukan, FA dan Liga Inggris berencana juga melarang transfer permanen antar sister club dalam tempo satu tahun ke depan.