Liga Indonesia

Kemenangan Perdana Pelatih Anyar PSMS Medan Bakar Semangat Kejar Promosi Liga 1

Minggu, 12 November 2023 08:51 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© PSMS Medan
Pelatih PSMS Medan, Miftahudin Mukson. Foto: PSMS Medan. Copyright: © PSMS Medan
Pelatih PSMS Medan, Miftahudin Mukson. Foto: PSMS Medan.

FOOTBALL265.COM - Miftahudin Mukson akhirnya berhasil mengukir kemenangan perdananya bersama PSMS Medan sejak menggantikan posisi Ridwan Saragih sebagai pelatih di sisa Liga 2 Indonesia 2023/24.

Setelah tiga laga sebelumnya hanya meraih hasil imbang, kemenangan perdana itu berhasil dicatat. PSMS menang tipis 2-1 atas Sada Sumut dalam lanjutan Grup 1 Liga 2 2023/24, Sabtu (11/11/23).

Laga bertajuk derby Sumatra Utara (Sumut) yang digelar di Stadion Teladan itu merupakan laga terakhir PSMS di markas kebanggaannya, karena akan direvitalisasi dalam waktu dekat.

Ayam Kinantan, julukan PSMS, sudah unggul cepat pada babak pertama di menit ke-3 via tendangan spekulasi melambung dari sisi kanan pertahanan lawan lewat kaki M. Fardan Harahap.

Sada Sumut FC berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-38 lewat sang kapten sekaligus eks pemain PSMS Medan, Aidun Sastra Utami, memanfaatkan bola dari bomber asing asal Serbia, Aleksandar Rakic.

Namun, PSMS akhirnya mampu mengamankan tiga poin usai striker anyar asal Kolombia, Jose Adolfo Valencia, sukses mencetak gol dalam laga debutnya sekaligus merubah skor 2-1 (52') yang bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Dalam temu pers usai pertandingan, Miftahudin Mukson mengaku bersyukur akhirnya ia berhasil persembahkan kemenangan perdana bagi PSMS Medan. Kendati demikian, ia menyebut masih banyak catatan dari laga tersebut.

"Saya nggak bisa berkata apa-apa, saya hanya bisa mengucapkan syukur Alhamdulillah. Semua pemain saya bekerja keras walaupun masih banyak catatan-catatan," kata Miftahudin Mukson.

Tak hanya itu, ia juga menyanjung perjuangan anak asuhnya di laga ini. Namun, ia mengimbau sekaligus mengingatkan agar Rachmad Hidayat dkk. untuk tidak terlena menatap laga selanjutnya.

Diketahui, PSMS Medan akan menghadapi tuan rumah Persiraja Banda Aceh di Stadion Harapan Bangsa (SHB) pada Sabtu (18/11/23) pekan depan.

"Hari ini bagi saya mereka, para pemain pantas di depan (layak dapat pujian). Kalau saya hanya melihat dan evaluasi," tutur pelatih berusia 50 tahun itu.

"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dukungannya, Pemain silakan beruforia, tapi jangan sampai kemenangan ini kami jadi lengah. Ke depan tetap bekerja evaluasi," imbuhnya.

Hasil tersebut merupakan kemenangan kedua PSMS di Liga 2 musim ini. Posisi Ayam Kinantan masih tetap tertahan di peringkat ke-3 Grup 1 dengan raihan 11 poin (2 menang, 5 seri) dari tujuh laga.

Ada pun Laskar Simbisa, julukan Sada Sumut FC, juga masih setia di peringkat ke-6 (5 poin) dari delapan laga yang telah dilakoni (1 menang, 2 seri, 5 kalah).