Piala Dunia

Pelatih Brasil Sebut Pemainnya Kena Mental Usai Di-comeback Iran di Piala Dunia U-17

Minggu, 12 November 2023 19:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Brasil kalah 2-3 dari Iran di laga perdana Grup C, Sabtu (11/11/23) malam di Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Brasil kalah 2-3 dari Iran di laga perdana Grup C, Sabtu (11/11/23) malam di Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS).

FOOTBALL265.COM - Juara bertahan Piala Dunia U-17, Brasil secara mengejutkan kalah dari Iran di laga perdana Grup C, Sabtu (11/11/23) malam di Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS). Tim Samba kalah dengan skor 2-3. 

Sejatinya, Brasil mengawali laga dengan baik. Mereka sempat unggul lebih dulu lewat Rayan pada menit ke-28. Selanjutnya, gol bunuh diri pemain Iran, Abolfazl Zamani Ahmadabad, memperbesar keunggulan Brasil pada menit 45+1. 

Namun, tim asuhan Phelipe Leal tidak konsisten di babak kedua. Brasil kebobolan lewat gol cepat pada awal paruh kedua lewat aksi Yaghoob Barajeh (‘54). 

Iran pun terus menekan dan akhirnya menambah dua gol lewat Kasra Taheri (‘69), dan Esmaeil Gholizadeh Samian (‘73). 

Phelipe Leal mengatakan timnya memulai laga dengan bagus. Namun, pemain malah goyah setelah kebobolan satu gol. Buntutnya, pertahanan Brasil jadi longgar sehingga bisa dimanfaatkan Iran.

"Di babak pertama kami unggul dua gol. Tetapi kemudian di babak kedua Iran membalasnya. Gol pertama Iran itu yang membuat goyang mental pemain," kata Phelipe Leal.

"Iran pun bisa memanfaatkan hal itu, dan tampil lebih semangat. Apalagi mendapat dukungan penonton," imbuhnya.

Menurut Phelipe, kesalahan kecil tidak boleh terjadi di pertandingan seperti ini. Dia akan lakukan evaluasi secara menyeluruh supaya situasi seperti semalam tidak terulang di laga kedua Grup C Piala Dunia U-17 2023.

"Di Piala Dunia, tidak boleh ada celah untuk melakukan hal itu. Kami harus bangkit di pertandingan selanjutnya," ucap Phelipe Leal.

“Kami harus tetap jaga keseimbangan, tidak bisa ditoleransi. Babak pertama kami main bagus, tapi babak kedua Iran bisa membalasnya. Kami harus bisa konsisten menjaga pemainan, agar 90 menit pertandingan berjalan tim bisa tampil lebih baik," lanjutnya. 

Juru taktik 36 tahun itu juga membantah faktor lapangan jadi penyebab kekalahan dari Iran. Namun, lawan yang mampu bangkit dan tunjukkan kerja keras sehingga layak meraih tiga poin.

Phelipe Leal pun tak ragu mengucapkan selamat untuk Iran. Brasil disebutnya akan move on dan incar dua laga sisa dengan target menang supaya bisa lolos ke 16 besar.

“Tidak perlu salahkan lapangan. Kami ucapkan selamat ke Iran, mereka tampil semangat, bisa ubah permainan di babak kedua,” tuturnya.

“Kompetisi masih panjang. Saya yakin, kami bisa lolos ke babak berikutnya,” tuntas pelatih yang bawa Brasil juara Piala Amerika Selatan U-17 2022/23.

Pada laga selanjutnya, Brasil U-17 akan menghadapi Kaledonia Baru pada 14 November nant dan laga pemungkas kontra Inggris pada 17 November.