Liga 1

Bursa Transfer Liga 1: Bojak Hodak Bongkar Nasib Daisuke Sato dan Duo Brasil Persib

Jumat, 17 November 2023 14:46 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Daisuke Sato. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Daisuke Sato. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, menjawab rumor liar seputar Daisuke Sato yang bakal dipinjamkan ke klub lain pada bursa transfer paruh musim Liga 1 Indonesia 2023/24.

Rumor yang menyebutkan bek asal Filipina tersebut akan dipinjamkan pada putaran kedua Liga 1 2023/24 mencuat dan tersebar di media sosial. 

Menurut Bojan Hodak, pihaknya tak ingin ambil pusing terkait rumor yang beredar di media sosial, termasuk soal Daisuke Sato.

"Kalian tahu satu hal bagus, saya tak membaca sosial media, jadi saya percaya saya bisa hidup lebih lama," kata mantan pelatih PSM Makassar ini.

Daisuke Sato sendiri merupakan pemain asing Asia yang direkrut Persib untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2022/23 saat skuat Maung Bandung masih dilatih Robert Rene Alberts.

Saat pertama bergabung, manajemen Persib Bandung mengikat kontrak Daisuke Sato dengan durasi setahun dan opsi perpanjangan setahun.

Kemudian manajemen Persib resmi memperpanjang kontrak, Daisuke Sato hingga dua musim ke depan, setelah putaran pertama Liga 1 2022/23 beres.

Saat itu, Persib sudah tidak dilatih oleh Robert Rene Alberts, namun dipimpin oleh Luis Milla. Pelatih asal Spanyol itu, merekomendasikan Daisuke Sato untuk diperpanjang kontraknya.

Penampilan apik sepanjang putaran pertama Liga 1 2022/23 menjadi salah satu alasan Persib memperpanjang kontrak pemain yang berposisi sebagai bek tersebut.

Pada Liga 1 2023/24, Daisuke Sato tampil dalam 13 pertandingan hingga memasuki pekan ke-19, sedangkan sisanya harus absen karena cedera dan mendapatkan akumulasi kartu kuning.

Selain Daisuke Sato, Bojan Hodak juga memberikan jawaban terkait kontrak duo Brasil di Persib yang kabarnya habis Desember mendatang.

Menurut Bojan Hodak, durasi kontrak David da Silva dan Ciro Alves di tim kebanggaan Bobotoh sudah diperpanjang, sehingga posisi keduanya di skuad Maung Bandung aman.

Perpanjangan kontrak dua pemain andalan skuad Maung Bandung tersebut menurut Bojan Hodak, sudah dilakukan oleh manajemen Persib beberapa bulan lalu. 

"Yang saya tahu, keduanya (David da Silva dan Ciro Alves) sudah memperpanjang kontrak dari beberapa bulan lalu," jelas Bojan Hodak.

Diketahui, Persib Bandung mengandalkan David da Silva dan Ciro Alves di lini depan selama Liga 1 2023/24, baik ketika dilatih Luis Milla maupun Bojan Hodak.

Kedua pemain asal Brasil ini, sering tampil sebagai starter sejak pekan pertama hingga 19. Hal itu, tak lepas dari kualitas yang dimiliki David da Silva dan Ciro Alves.

David da Silva sudah tampil dalam 17 laga dengan mengumpulkan 1.443 menit bermain dan menyumbangkan 12 gol dan tiga assist dalam 19 laga musim ini.

Jumlah gol yang dicetak oleh David da Silva tersebut, membuat mantan pemain Persebaya Surabaya ini menjadi salah stiker yang bersaing untuk menjadi topskor di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Sedangkan Ciro Alves, dari 19 pertandingan di kompetisi Liga 1 2023/24, pengguna nomor punggung 77 ini mendapatkan kesempatan bertanding dalam 17 laga serta menyumbangkan 7 gol dan lima assist.