In-depth

Rapor Negara-negara ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia dan Singapura Senasib

Jumat, 17 November 2023 12:08 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Piala Dunia 2026 Benua Amerika. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Piala Dunia 2026 Benua Amerika.

FOOTBALL265.COM - Rangkuman hasil pertandingan negara-negara Asia Tenggara di Kualifikasi Piala Dunia 2026 matchday pertama.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia telah dimulai pada Kamis (16/11/23) kemarin. Seluruh negara-negara di Benua Kuning berjuang untuk bisa lolos ke babak selanjutnya demi bisa tampil di putaran final.

Piala Dunia 2026 sendiri akan dihelat di Benua Amerika dengan beberapa tempat yang bagi tiga fokusnya yaitu Amerika Serikat, Meksiko  dan Kanada dengan total peserta 48 tim.

Termasuk negara-negara kawasan Asia Tenggara yang juga berjuang di babak kualifikasi untuk bisa mewujudkan mimpi tampil di pesta sepak bola terbesar jagat raya itu.

Salah satunya adalah timnas Indonesia. Tim besutan Shin Tae-yong itu menghadapi Irak di pertandingan pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F.

Bermain di Stadion Internasional Basra, Indonesia tak bisa berkutik. Mereka tunduk dengan skor telak 5-1.

Awalnya tim Merah Putih sempat menahan imbang Irak di 20 menit pertama, tetapi akhirnya tuan rumah bisa mencetak gol lewat gol Bashar Rasan menit ke-21. 

Irak menggandakan skor melalui gol bunuh diri Jordi Amat menit ke-35. Jelang turun minum, Indonesia memperkecil skor jadi 2-1 lewat gol Shayne Pattynama.

Skor 2-1 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, gawang Indonesia malah kebobolan tiga gol tambahan melalui Osama Rashid, Youssef Amyn dan Ali Al-Hamadi menit. Skor 5-1 bertahan hingga bubaran.

Kekalahan ini membuat timnas Indonesia berada di dasar klasemen tapa raihan poin. Sedangkan Irak memimpin dengan 3 poin.

Selain itu skor 1-5 menjadi kekalahan terbesar Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong. Lantas bagaimana dengan hasil negara-negara Asia Tenggara lainnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini?