In-depth

Jorginho Mulai Tak Bertaji, 5 Pemain yang Bisa Jadi Eksekutor Penalti Utama Italia

Sabtu, 18 November 2023 15:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Jennifer Lorenzini
Setidaknya ada lima pemain yang bisa ditunjuk Timnas Italia sebagai eksekutor penalti utama seiring berkurangnya taji Jorginho menuntaskan tugas itu. Copyright: © REUTERS/Jennifer Lorenzini
Setidaknya ada lima pemain yang bisa ditunjuk Timnas Italia sebagai eksekutor penalti utama seiring berkurangnya taji Jorginho menuntaskan tugas itu.

FOOTBALL265.COM – Setidaknya ada lima pemain yang bisa ditunjuk Timnas Italia sebagai eksekutor penalti utama seiring berkurangnya taji Jorginho menuntaskan tugas itu.

Timnas Italia sempat dibuat ketar-ketir kala menghadapi Makedonia Utara, Sabtu (18/11/23), di ajang Kualifikasi Euro 2024.

Dalam laga tersebut, Gli Azzurri hampir dibuat ketar-ketir gagal menang usai Jorginho gagal menuntaskan penalti di menit ke-40 usai eksekusinya bisa diselamatkan kiper lawan.

Beruntung bagi Italia, lima gol mampu dijaringkan para pemainnya sehingga berhasil menang dengan skor 5-2 atas Makedonia Utara.

Kegagalan Jorginho mengeksekusi penalti pun jadi perdebatan baru. Pasalnya, ini kegagalan ketiganya secara beruntun, di mana dua penalti sebelumnya gagal membawa Italia lolos Piala Dunia.

Karenanya, ada baiknya Luciano Spalletti selaku pelatih mulai melirik eksekutor lainnya untuk menggantikan Jorginho. Di skuadnya saat ini, setidaknya ada lima nama yang bisa dilirik. Siapa saja?

1. Domenico Berardi

Nama pertama yang bisa dipasrahi Spalletti tugas sebagai eksekutor penalti utama Timnas Italia adalah Domenico Berardi.

Pemain berusia 29 tahun ini punya persentase penalti sukses cukup tinggi. Sepanjang kariernya, ia telah menghadapi 59 penalti, di luar drama adu penalti.

Dari 59 penalti yang dihadapinya itu, winger milik Sassuolo itu mampu mencetak 51 penalti sukses dan hanya gagal sebanyak 8 kali saja.

2. Gianluca Scamacca

Luciano Spalletti juga bisa mempercayakan tugas sebagai eksekutor utama Timnas Italia pada sosok penyerangnya, Gianluca Scamacca.

Pemain berusia 24 tahun itu dikenal sebagai salah satu eksekutor penalti ulung. Bahkan sematan itu sudah diembannya sejak masih bermain di level akademi.

Dalam kariernya, tercatat Scamacca telah menghadapi enam penalti. Dari enam penalti tersebut, ia sukses mengkonversinya sebagai gol.