Piala Dunia

Jacksen F Tiago Sebut Piala Dunia U-17 Indonesia Dapat Sorotan Dunia, Termasuk Brasil

Minggu, 19 November 2023 15:19 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Media Center Piala Dunia U-17 Surabaya
Direktur Akademi Persis Solo, Jacksen F. Tiago menyempatkan hadir ke Media Center Piala Dunia U-17 di Surabaya. (Foto: Media Center Piala Dunia U-17 Surabaya) Copyright: © Media Center Piala Dunia U-17 Surabaya
Direktur Akademi Persis Solo, Jacksen F. Tiago menyempatkan hadir ke Media Center Piala Dunia U-17 di Surabaya. (Foto: Media Center Piala Dunia U-17 Surabaya)

FOOTBALL265.COM - Status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menjadi sorotan publik internasional. Bahkan, banyak warga dunia yang ikut kagum dengan sumberdaya yang dimiliki oleh Indonesia dalam menggelar turnamen ini.

Maklum saja, fasilitas stadion yang mumpuni telah disiapkan sejak jauh hari ini. Venue pertandingan itu juga paling sering menjadi sorotan karena tim-tim peserta bersaing untuk melaju ke babak berikutnya.

Hal itu juga jadi perhatian bagi Jacksen Ferreira Tiago. Figur satu ini sudah malang melintang di sepak bola Indonesia meski sebenarnya berkebangsaan Brasil.

“Saya bisa menjadi saksi akhirnya Indonesia mampu membawa Piala Dunia ke negara ini, meskipun U-17," ucap Jacksen saat hadir di Media Center Piala Dunia U-17 Surabaya, Sabtu (18/11/23).

"Ini harus disyukuri. Kawan-kawan di Brasil hampir setiap hari kirim WA, kagum dengan stadion dan bangsa Indonesia bisa menggelar Piala Dunia dengan begitu luar biasa,” sambung dia.

Jacksen sendiri datang dari Brasil ke Indonesia sebagai pemain hingga jadi pelatih. Dia termasuk sosok yang bergelimang prestasi di level klub. 

Pada 2013, dia berkesempatan melatih Timnas Indonesia meski berjalan singkat ketika berlaga di Kualifikasi Piala Dunia.

“Kita harus memberi pujian kepada seluruh pelaku sepak yang terlibat mulai dari pemain, media, suporter, dan pemerintah Indonesia atas gerakan luar biasa ini," kata dia.

"Dengan Piala Dunia ini, anak-anak usia 5, 6, 7 tahun saya yakin akan punya cita-cita mewakili bangsa Indonesia lewat sepak bola,” imbuh striker legendaris Persebaya itu.

Sementara kiprah Indonesia U-17 bisa dibilang tak terlalu buruk kendati gagal melangkah ke babak 16 besar. Arkhan Kaka dkk finis di peringkat 3 Grup A dengan 2 poin.