In-depth

Bellingham Wajib Waspada! 5 Peraih Golden Boy yang Kariernya Anjlok saat Menua

Senin, 20 November 2023 14:41 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Albert Gea
Bintang Real Madrid, Jude Bellingham, tampaknya wajib waspada dengan kutukan Golden Boy, penghargaan yang baru-baru ini didapatkannya. Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Bintang Real Madrid, Jude Bellingham, tampaknya wajib waspada dengan kutukan Golden Boy, penghargaan yang baru-baru ini didapatkannya.

FOOTBALL265.COM – Bintang Real Madrid, Jude Bellingham, tampaknya wajib waspada dengan kutukan Golden Boy, penghargaan yang baru-baru ini didapatkannya.

Memang belum lama ini, Jude Bellingham ditahbiskan sebagai peraih Golden Boy Award 2023 yang digelar oleh media Italia, Tuttosport.

Penghargaan yang sudah berlangsung selama dua dekade itu diberikan kepada penggawa Timnas Inggris itu dengan mengalahkan Jamal Musiala dan Xavi Simons.

Penghargaan ini pun menambah prestasi Bellingham yang sebelumnya meraih Kopa Trophy 2023 atau pemain muda terbaik versi Ballon d’Or.

Meski menjadi prestasi membanggakan baginya, pemain berusia 20 tahun itu wajib waspada akan kutukan penghargaan Golden Boy.

Sebab, banyak peraih penghargaan ini yang kariernya anjlok dan bisa saja menimpanya. Siapa saja peraih penghargaan itu yang kariernya anjlok drastis?

1. Alexandro Pato

Nama Alexandro Pato menjadi salah satu nama yang melejit di usia muda, terutama saat dirinya membela AC Milan di era 2000 an.

Pada 2009, ia mendapat gelar Golden Boy atau pemain muda terbaik dunia atas kiprahnya di usia muda bersama AC Milan.

Tapi pada 2013, Pato mengalami penurunan karier yang drastis. Salah satunya karena faktor cedera, sehingga ia sempat bermain di Brasil, Amerika Serikat, dan China hingga kini usianya 34 tahun.

2. Mario Balotelli

Setelah Pato, penghargaan pemain muda terbaik diberikan kepada bakat asli Italia, Mario Balotelli, yang menggila bersama Inter Milan.

Saat itu, ia berhasil membawa Nerazzurri merai Treble Winner. Bahkan setelahnya ia menjadi andalan di Timnas Italia dan membela klub-klub besar.

Tapi memasuki tahun 2016, karier Balotelli mengalami penurunan drastis hingga dirinya bermain di Prancis, tim-tim gurem Italia, dan kini bermain di Turki di usianya yang baru 33 tahun.