Timnas Indonesia

3 Alasan Timnas Indonesia Sulit Kalahkan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 21 November 2023 04:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Skuad Timnas Indonesia saat menghadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Setelah ini skuat Garuda akan menghadapi Filipina. Copyright: © PSSI
Skuad Timnas Indonesia saat menghadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Setelah ini skuat Garuda akan menghadapi Filipina.

FOOTBALL265.COM - Ada tiga alasan masuk akal mengapa Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong akan kesulitan untuk mengalahkan Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada matchday kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F di Stadion Rizal Memorial, Selasa (21/11/23) petang, mulai pukul 18.00 WIB.

Sebelumnya, Timnas Indonesia kalah telak saat bertandang ke markas Irak. Sandy Walsh dkk dipaksa bertekuk lutut dengan skor 5-1.

Hasil ini membuat skuat Garuda terbenam di dasar klasemen sementara Grup F, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi performa tim saat melawan Filipina nanti.

Selain itu, ada beberapa alasan khusus mengapa Timnas Indonesia mungkin akan kesulitan menghadapi Filipina, dan harus bekerja keras untuk meraih tiga poin. Berikut ulasan INDOSPORT selengkapnya.

1. Rumput Sintetis

Stadion Rizal Memorial yang menjadi markas Timnas Filipina, diketahui memakai rumput sintetis. Tipikal lapangan seperti ini jarang digunakan di Indonesia, khususnya di level timnas.

Maka dari itu, Timnas Indonesia mungkin akan kesulitan untuk meladeni permainan Filipina. Beberapa keluhan juga sudah dilontarkan oleh pemain Garuda.

"Sejujurnya, di Belanda juga banyak lapangan yang memakai rumput sintetis. Bukan maksud saya untuk mengejek atau tidak menghormati, tetapi di sini lapangan (sintetis) sangat jelek dan keras," curhat Rafael Struick.

"Saya pikir karena tingginya mungkin, dan rumputnya juga sangat keras. Ini lapangan yang sulit, sangat berbeda dengan ada yang di Belanda," ucapnya saat konferensi pers.